IBL

Dallas Mavericks telah melabuhkan pilihannya kepada Luka Doncic pada NBA Draft 2018 Juni lalu. Kini, garda berusia 19 tahun itu disebut-sebut sebagai masa depan Mavericks di kancah NBA. Forwarda senior mereka, Dirk Nowitzki, bahkan menilai Doncic lebih baik dari dirinya di usia remaja.

Nowitzki belakangan ini sudah mulai berlatih bersama Doncic. Menurutnya, garda asal Slovenia itu memiliki kemampuan yang tidak ia miliki saat berusia 19 tahun.

“O ya, saya bisa menembak sedikit, tetapi saya tidak pernah memiliki visi di lapangan seperti dia (Doncic),” ujar Nowitzki kepada radio The Fan, seperti dikutip ClutchPoints.

Nowitzki merasa bermain dengan Doncic akan sangat menyenangkan. Ia tertarik melihat sang garda berkolaborasi dengan pemain-pemain besar (bigman) Mavs seperti DeAndre Jordan dan Dwight Powell.

“Ia luar biasa ketika bermain pick and roll. Pengamatannya di lapangan sudah luar biasa. Saya tidak percaya dengan apa yang saya lihat dari seorang pemain berusia 19 atau 20. Ia penembak yang bagus dan saya pikir ia bagus untuk kami.”

Sebelum ke NBA, Doncic memang sudah malang melintang di Eropa. Ia berhasil membawa Real Madrid menjuarai EuroLeague 2018 dan menjadi pemain terbaik di Final Four sekaligus pemain terbaik final di musim yang sama. Ia telah membuktikan kualitasnya sebagai garda nomor satu di daftar rookie tahun ini.

Kini, Doncic tinggal membuktikan saja kemampuannya di kancah basket tersohor sedunia itu. Sebagai seorang pemain dari Eropa, ia perlu menghadapi dominasi pemain-pemain Amerika Serikat untuk menjadi garda yang bersinar di sana. Setidaknya ia sudah punya contoh sosok yang bisa jadi panutan dalam diri Nowitzki sebagai rekan setimnya. Namun, di posisinya, para pandit menyamakan prospek karir Doncic dengan Manu Ginobili. Meski legenda San Antonio Spurs itu berkewarganegaraan Argentina, nama Ginobili besar di Eropa.

Foto: NBA.com

Komentar