IBL

Miami Heat berhasil melewati laga sengit versus Philadelphia 76ers. Mereka menang dengan skor 108-104 di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu 18 Desember 2019 waktu setempat. Bam Adebayo tampil kukuh sehingga timnya keluar sebagai pemenang hari ini.

Adebayo mencetak 23 poin, 9 rebound, 5 asis, 2 steal, dan 2 blok. Persentase tembakannya (FG%) mencapai 56,2 persen (9/16). Tembakan gratisnya nyaris sempurna (5/6).

Kendrick Nunn, garda utama Heat, tidak kalah gemilang hari ini. Ia keluar sebagai top skor dengan mencetak 26 poin. Duncan Robinson, garda tembak, menambahkan 15 poin. Jimmy Butler 14 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Derrick Jones Jr. 13 poin dan 6 rebound.

Sementara itu, di pihak Sixers, Joel Embiid mencetak dobel-dobel 22 poin dan 19 rebound. Tobias Harris di belakangnya dengan 20 poin. Ben Simmons 16 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Josh Richardson 16 poin, 5 rebound, dan 6 asis.

Heat memenangi laga setelah bertahan mati-matian. Mereka hampir tersalip pada pengujung kuarter empat. Untungnya, Butler mendapat dua tembakan gratis, yang menjadi momentum timnya untuk tetap berada di atas angin.

Laga berjalan sengit bagi kedua tim. Heat mendapat bola tepis mula. Namun, gagal memanfaatkan kesempatan pertama. Sixers membalas serangan dan unggul lebih dulu. Mereka bahkan mampu menutup kuarter satu dengan selisih 10 poin (29-19).

Meski memulai laga dengan baik, Sixers tidak kuasa menahan gempuran serangan Heat pada kuarter berikutnya. Skor berbalik 56-48 untuk keunggulan tim asal Miami. Mereka mengumpulkan setidaknya 37 poin. Itu merupakan perolehan kuarter dua tertinggi kedua Heat musim ini.

Tidak terima dipermalukan di hadapan penggemar sendiri, Sixers berusaha menyalip Heat. Namun, Heat juga tidak serta merta membiarkan Sixers menyalip mereka. Kedua tim bersaing sengit pada kuarter tiga. Mereka sama-sama mencetak 26 poin. Skor sementara 82-74 masih untuk keunggulan Heat.

Sixers terus berusaha menekan begitu masuk kuarter akhir. Mereka bahkan mampu memangkas ketertinggalan menjadi empat poin saja (97-101). Untungnya, Heat punya Jones Jr., yang menembak tripoin penting dari sayap kanan serangan, untuk melebarkan jarak menjadi 104-97. Sixers pun terpaksa mengambil jeda (timeout) demi menghentikan momentum lawan sekaligus mengatur ulang permainan mereka.

Setelah itu, Sixers mencetak empat poin beruntun. Upaya mereka mengambil jeda tampak berhasil. Tim asuhan Brett Brown itu bahkan mulai mengancam Heat.

Kendati demikian, Kepala Pelatih Heat Erik Spoelstra tenang saja. Ia menginstruksikan pemainnya memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mencetak poin. Saat itulah Butler menusuk ke pertahan lawan, lalu dilanggar Embiid yang mencoba mengeblok bola. Butler mendapat dua tembakan gratis. Ia memasukkan keduanya.

Sixers sebenarnya sempat mengancam lagi lewat tripoin Harris di ujung kanan serangan. Namun, itu tidak juga menyelamatkan mereka dari kekalahan. Waktu semakin menipis sementara Heat mampu menjaga posisinya. Mereka menutup pertandingan dengan menang 108-104.

Heat kini mengantungi rekor 20-8. Mereka akan mengejar kemenangan lain saat menghadapi New York Knicks lusa. Sementara itu, Sixers (20-9) mesti bertemu dengan Dallas Mavericks. Laga berlangsung pada hari yang sama. (put)

Foto: NBA

Komentar