IBL

Portland Trail Blazers hampir saja kalah dari Phoenix Suns. Mereka terjerat dalam jebakan sampai pengujung pertandingan. Namun, tiga poin penting Damian Lillard meloloskan Blazers dari jerat itu. Blazers pun menang tipis 111-110 di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Senin 16 Desember 2019 waktu setempat.

Lillard sendiri mengumpulkan 27 poin dan 5 asis. Ia dibantu dua rekannya yang sama produktif. C.J. McCollum top skor dengan 30 poin plus 7 rebound dan 6 asis. Carmelo Anthony 23 poin, 8 rebound, 1 asis, 2 steal, dan 3 blok. Ia memasukkan 4 dari 6 tripoinnya hari ini.

Selain ketiga pemain di atas, Hassan Whiteside juga cukup berguna. Ia mengoleksi dobel-dobel 10 poin dan 14 rebound plus 1 steal dan 3 blok. Kent Bazemore, forwarda, lalu menambahkan 11 poin.

Sementara itu, Suns tampil tanpa Devin Booker. Mikal Bridges naik menggantikannya di barisan starter. Namun, ia tidak cukup berguna. Bridges hanya mampu mencetak delapan poin dengan persentase tembakan 28,5 persen.

Untungnya, pemain lain produktif. Kelly Oubre Jr. mencetak 24 poin. Dario Saric dan Frank Kaminsky masing-masing 17 poin. Ricky Rubio tripel-dobel 10 poin, 11 rebound, dan 14 asis. Cameron Johnson dan Aron Baynes sama-sama mencetak 13 poin dari bangku cadangan.

Meski begitu, Suns tetap kalah. Mereka gagal menyetop Lillard di pengujung pertandingan. Suns juga tidak mampu memanfaatkan momentum terakhir untuk mencetak poin. Tembakan Rubio di sayap kiri serangan tidak sesuai sasaran.

Pertandingan berlangsung menegangkan bagi kedua tim. Suns membuka pertandingan dengan skor 33-25. Mereka unggul delapan poin.

Blazers kemudian menekan. Mereka mencetak 34 poin di kuarter berikutnya. Namun, Suns masih mampu membalas. Mereka mencetak 34 poin juga. Selisih tetap delapan poin, tetapi skor berubah (67-59).

Masuk ke kuarter tiga, Suns mulai lengah. Mereka banyak kecolongan. Setidaknya Blazers mencetak 10 poin lebih banyak di kuarter itu (31-21). Mereka memanfaatkannya untuk membalikkan keadaan dengan skor 90-88.

Pertandingan berlangsung sengit di kuarter akhir. Kedua tim tampak tidak mau mengalah. Mereka mengerahkan seluruh kemampuannya.

Blazers sempat unggul 108-106. Namun, Suns terus menekan. Apalagi mereka tampil di hadapan penggemar sendiri. Kedudukan pun berubah 110-108 untuk keunggulan Suns.

Saat itulah Lillard muncul. Ia menyelamatkan timnya di saat-saat krusial. Lillard merangsek masuk ke dalam pertahanan lawan, lalu melepas layup, dan mendapat kesempatan menembak gratis karena dilanggar Baynes.

Lillard mencetak tembakan gratis itu. Blazers unggul satu poin (111-110). Suns punya kesempatan untuk membalas. Namun, tembakan Rubio meleset. Blazers pun menang.

Setelah ini, Lillard dkk. akan menghadapi Golden State Warriors. Pertandingan berlangsung lusa. Sementara Suns sudah harus tampil lagi besok. Lawannya Los Angeles Clippers. (put)

Foto: NBA

Komentar