IBL

Russell Westbrook tampil ganas saat Houston Rockets menang melawan Phoenix Suns. Ia mencetak tripel-dobel 24 poin, 11 rebound, dan 14 asis di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu 7 Desember 2019 waktu setempat. Dengan perolehan asis itu, Westbrook sekaligus menggeser Tony Parker di urutan 18 dalam daftar pencetak asis terbanyak sepanjang sejarah NBA.

Westbrook hingga saat ini telah mengumpulkan 7046 asis. Sementara Parker hanya 7036. Westbrook bisa menambahnya di pertandingan selanjutnya. Di atasnya, ada Rajon Rondo dengan 7051 asis.

Rondo sendiri masih aktif bermain. Ia membela Los Angeles Lakers pada 2019-2020 ini. Namun, posisinya tetap terancam karena perannya kini tidak sebesar dulu. Rondo merupakan pemain cadangan dengan menit bermain 20,9 menit per pertandingan. Lakers lebih mengandalkan LeBron James sebagai pengatur permainan.

Secara statistik, Westbrook lebih produktif dari Rondo. Ia menghasilkan rata-rata 7,5 asis. Ia bahkan bermain sebagai starter dengan menit bermain mencapai 34,4 menit per pertandingan.

Westbrook membutuhkan setidaknya lima asis untuk menyamai pencapaian Rondo. Seandainya lancar, ia bisa melakukannya dalam waktu dekat ini. Rockets akan bertanding lagi lusa melawan Sacramento Kings.

Sejauh ini, Westbrook juga tampak relatif sehat. Rockets sudah tampil sebanyak 22 kali. Westbrook tampil dalam 20 pertandingan. Selain soal asis, ia mampu mencetak rata-rata 21,9 poin, 8,4 rebound, 1,6 steal.

Persentase tembakannya (FG%) mencapai 40,6 persen. Efektivitas tembakan (eFG%) 43,5 persen. Sedangkan true shooting percentage (TS%) berada di angka 48,3 persen.

Dengan performa itu, Westbrook berhasil membantu Rockets meraih rekor 15-7. Ia hendak kembali membela timnya agar bisa lolos ke playoff. Kemudian, menyasar tujuan utama: juara NBA. (put)

Foto: NBA

Komentar