IBL

Houston Rockets memiliki kekuatan baru untuk menghadapi NBA 2019-2020. Mereka begitu setelah mendapatkan Russell Westbrook dari Oklahoma City Thunder. Westbrook memutuskan pindah untuk bergabung dengan rekan lamanya, James Harden.

Dengan reuni rekan sejawat itu, Rockets berarti punya dua pemain terbaik NBA. Westbrook adalah Pemain Terbaik 2017, sementara Harden merupakan Pemain Terbaik 2018. Keduanya punya kemampuan untuk mendominasi liga musim depan.

Kendati demikian, Rockets tidak ingin memforsir dua kekuatan besar mereka. Kepala Pelatih Mike D’Antoni akan berusaha keras menyiapkan timnya agar bisa bermain di level yang lebih tinggi. Salah satunya dengan mengatur beban kerja (load management) dua pemain terbaiknya.

“Ya, itu akan selalu menjadi bagian dari strategi,” kata Manajer Umum Darryl Morey kepada Dan Patrick dalam acara The Dan Patrick Show. “Kami tidak akan mencoba melabelinya, tetapi—ya, kami berencana melakukannya sepanjang musim agar pemain kami mencapai puncaknya pada April nanti.”

Istilah load management sendiri mulai populer di NBA pada 2018-2019. Toronto Raptors dan Kawhi Leonard menjadi pihak yang bertanggung jawab mempopulerkan hal itu. Tim asal Kanada itu mengatur beban kerja Leonard untuk mengatasi masalah fisiknya.

Raptors mengatur beban kerja itu dengan mengistirahatkan Leonard beberapa kali. Mereka tidak memforsirnya hanya karena mengejar gelar juara. Raptors sadar bahwa Leonard perlu beberapa kali istirahat agar tubuhnya fit sepanjang musim. Hal itu terbukti setelah sang pemain tampil mengesankan di playoff. Ia punya cukup tenaga untuk mengantarkan timnya menjadi juara NBA.

Rockets ingin melakukan hal serupa. Apalagi mengingat usia dua jagoannya yang memasuki 30-an. Westbrook bahkan akan berusia 31 pada November nanti. Sementara Harden baru akan menginjak usia 30 pada Agustus ini.

Belakangan ini, load management tampak semakin penting. Jumlah pertandingan NBA sangatlah banyak. Tim perlu memastikan pemainnya tetap sehat sampai akhir. Namun, itu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Rockets belum tentu memiliki cukup kekuatan untuk lolos ke playoff tanpa Russell dan Harden.

Oleh karena itu, Morey mesti memastikan jajaran pelatih mengatur tim dengan baik. Kepala Pelatih Mike D’Antoni akan bertugas memastikan beban kerja pemainnya dengan benar. Rockets akan menyiapkan rencananya pada musim panas ini. (put)

Foto: NBA

Komentar