IBL

Gelaran basket 5v5 di SEA Games 2019 akhirnya dimulai, Rabu, 4 Desember 2019. Meski sempat ada isu penundaan karena badai Kammuri, partai pertama antara Vietnam dan Myanmar tetap digelar sesuai jadwal di Mall of Asia Arena, Pasay, Metro Manila, Filipina. Memiliki perbedaan level ketangkasan bermain yang cukup jauh, Vietnam menang mudah dengan skor 131-52.

Vietnam mengawali gim dengan susunan pemain utama yang membawa tim 3x3 meraih medali perunggu. Khoa Tran, Dinh Thanh, Justin Young, dan Chris Dierker ada di sana ditambah An Minh. Menariknya, nama-nama di atas adalah pemain-pemain yang terdaftar sebagai pemain Saigon Heat di ASEAN Basketball League. Di luar lima nama di atas, ada juga Sang Dinh Thah dan Stefan Tu yang juga menjadi bagian dari Heat.

“Ini kemenangan yang bagus bagi kami untuk memulai perjalanan panjang di SEA Games 2019,” ujar Chris Dierker kepada kami usai gim. “Kami tidak bisa bilang bahwa ini adalah pertandingan yang seru, tapi ini cukup memberi kami banyak hal demi persiapan gim selanjutnya melawan SIngapura,” lanjutnya.

Meski menang telak, Chris mendaku ini bukanlah sesuatu yang besar. Hal terpenting dalam gim ini adalah Vietnam berhasil menang. Di sisi lain, pemain bernomor punggung 20 ini melihat gim ini sebagai kesempatan bagus untuk deretan pemain muda Vietnam mendapatkan pengalaman bermain dengan menit bermain tinggi untuk tim nasional.

“Singapura adalah target kami selanjutnya. Saya tidak ingin bilang kami memasang target medali tertentu, fokus kami adalah memenangi setiap gim. Sekarang, Singapura ada di depan kami, kami harus memberikan seluruh fokus kami untuk mengalahkan mereka,” tutupnya. (DRMK)

Foto: Mei Linda

 

Komentar