IBL

Partai semifinal pertama basket putra 5v5 mempertemukan antara Thailand dan Vietnam, Senin, 9 Desember 2019. Thailand datang sebagai juara Grup B sementara Vietnam adalah peringkat dua Grup A. Seperti laiknya pertandingan semifinal, gim berlangsung ketat. Kedua tim bergantian memimpin 11 kali dan skor sempat berimbang sembilan kali. Namun, keluarnya satu pemain kunci Vietnam di pertengahan kuarter empat dan semakin baiknya akurasi membuat Thailand menutup gim dengan kemenangan tipis 101-95.

Selain dua hal di atas, kedalaman skuat Thailand juga membuat Vietnam kecolongan. Dari bangku cadangan Thailand, total ada sumbangsih 41 poin sementara Vietnam hanya memiliki tambahan dari bangku cadangan sebesar empat poin. Secara total, ada enam pemain Thailand yang mencetak dua digit poin sementara Vietnam hanya empat.

Dua pemain Thailand sama-sama mencetak 19 poin yang merupakan poin terbanyak dalam tim. Bobby Jaisanuk dan Nattakarn Muangboon adalah dua pemain itu. Menariknya, Bobby turun dari bangku cadangan dan total mengemas 19 poin dari 7/10 tembakan selama 27 menit. Sementara Nattakarn mencetak 19 poin dan 5 asis selama 26 menit.

Tyler Lamb yang biasanya menjadi top skor Thailand kali ini harus puas dengan 15 poin saja. Namun, ia berhasil menambahkan 10 poin dan 6 asis dalam 34 menit aksinya. Wattana Suttisin menambahkan 14 poin, Chanatip Jakrawan 12 poin, sementara Patiphan Klahan menutup daftar dengan 10 poin plus 7 rebound.

 

Hasil ini otomatis membuat Thailand melaju ke final SEA Games 2019 dan menanti pemenang antara Indonesia melawan Filipina. Bagi Thailand, ini adalah final pertama mereka sejak 2013. Secara keseluruhan, Thailand telah melaju ke final sebanyak tujuh kali tapi belum sekalipun berujung dengan medali emas.

“Saya tidak pernah dalam seumur hidup saya bermain untuk medali emas,” ujar Tyler seusai gim kepada kami. “Seperti yang Anda bilang, ini adalah final pertama kami dalam enam tahun terkahir, ini sebuah pencapaian besar. Pertama, saya kira mengalahkan Indonesia di SEA Games sudah menjadi pencapaian luar biasa. Namun, sekarang kami sudah di final dan siap merebut medali emas untuk Thailand,” tutupnya.

Dari kubu Vietnam, Chris Dierker dan Justin Young yang nyaris bermain penuh jadi motor utama tim. Chris mencetak dobel-dobel 31 poin dan 10 rebound sementara Justin juga mencetak dobel-dobel dengan 16 poin dan 10 rebound. Than Tam Dinh mencetak 21 poin yang 18 di antaranya tercipta di kuarter perdana. Dang Khoa Tran melengkapi daftar dengan 19 poin.

Vietnam juga akan kembali bermain esok hari. Ia akan berhadapan dengan tim yang kalah di gim antara Indonesia dan Filipina untuk memperebutkan medali perunggu. (DRMK)

Foto: Mei Linda

Komentar