IBL

Aturan asupan terlarang (anti-drug program) NBA kembali menelan korban. Kali ini pemain muda Atlanta Hawks, John Collins, yang tersandung kasus serupa. Sebelumnya, ada pemain Brooklyn Nets, Wilson Chandler, dan pemain Phoenix Suns, Deandre Ayton. Ketiganya sama-sama terkena larangan bermain 25 gim.

Setelah menjalani tes, Collins dinyatakan positif memiliki zat Growth Hormone Releasing Peptide-2 (GHRP-2). Secara garis besar, zat ini bisa digunakan untuk merangsang proses sekresi dan meningkatkan nafsu makan. Jika dikonsumsi secara konsisten, zat ini bisa membantu seorang pemain meningkatkan berat badan mereka.

Dilansir ESPN, Collins mengungkapkan maafnya kepada seluruh pihak yang terganggu atas berita ini. Di sisi lain, ia juga meminta bantuan NBPA (asosiasi pemain NBA) untuk mengajukan banding agar ada pengurangan atau bahkan menghilangkan larangan bermainnya.

“Pertama, saya mau meminta maaf kepada rekan satu tim saya, organsiasi Hawks, para penggemar, dan seluruh bagian dari kota Atlanta untuk situasi ini,” buka Collins. “Saya paham hal ini dapat berimbas pada upaya kami untuk mencapai target musim ini dan saya sangat frustrasi serta kecewa harus menjadi pihak yang menyebabkan semua ini.”

“Selama in, saya selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu. Namun, saya mengkonsumsi suplemen yang tanpa sepengetahuan saya ternyata memiliki zat yang dilarang. Saya berusaha untuk mengajukan banding untuk mengurangi larangan bermain saya agar bisa kembali ke lapangan secepat mungkin dan berkontribusi untuk tim di musim 2019-2020,” tutupnya.

Memasuki musim ketiganya bersama Hawks, Collins semakin menunjukkan peran pentingnya dalam tim. Dengan rata-rata bermain 32,2 menit per gim, Collins membukukan torehan statistik 17,0 poin dan 8,8 rebound per gim. Akurasi tripoinnya di musim ini juga berhasil menyentuh 47 persen.

Musim ini, Hawks menjadi salah satu tim dengan deretan pemain usia muda yang paling menarik ditunggu kiprahnya. Di luar Collins, Hawks juga memiliki Trae Young, Kevin Huerter, Deandre Hunter, dan Cam Reddish. Absennya Collins besar kemungkinan akan digantikan oleh Jabari Parker. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar