IBL

Kabar buruk menghampiri Brooklyn Nets kurang dari dua bulan sebelum musim baru dimulai. Forwarda mereka, Wilson Chandler, dikabarkan oleh ESPN terbukti melakukan pelanggaran penggunaan obat NBA. Hasilnya, NBA akan memberikan sanksi larangan bermain selama 25 gim.

Wilson terbukti positif saat melakukan tes obat peningkatan performa atau dalam bahasa Inggirs disebut PED (Performance Enhancing Durgs). Zat yang terbukti ia kosumsi bernama Ipamorelin. Dilansir National Cancer Institute, Ipamorelin adalah zat yang digunakan untuk merangsang produksi hormon. Beberapa organ tubuh yang terpengaruh dari zat ini adalah otak, jantung, hati, hingga ginjal.

Menanggapi hal ini, Wilson pun mengakui kelalaiannya. Masih dari sumber yang sama, Wilson mendaku menggunakan obat yang mengandung zat ini untuk proses penyembuhan cederanya. “Dalam proses penyembuhan cedera saya, sebelum saya bergabung dengan Nets, saya mendapatkan resep yang termasuk di dalamnya adalah zat ini (Ipamorelin) dalam dosis yang kecil,” buka Wilson dilansir ESPN.

“Ternyata, zat ini telah masuk dalam daftar zat yang dilarang oleh NBA. Saya tidak menyadari hal tersebut, begitu pula dokter saya. Saya menerima segala konsekuensi dan meminta maaf kepada rekan, pelatih, manajemen, dan para penggemar Nets atas kesalahan ini. Saya akan terus berlatih demi menghadapi musim depan,” tutupnya.

Kehilangan Wilson akan membuat Kenny Atkinson, Kepala Pelatih Nets, semakin memutar otak. Pasalnya, sebelum Wilson, mereka sudah dipastikan kehilangan bintang baru mereka Kevin Durant. Wilson sendiri juga termasuk pemain yang baru bergabung di pasar pemain bebas ini, beberapa waktu setelah Durant dan bintang lainnya, Kyrie Irving, memutuskan merapat ke Nets.

Tanpa Wilson, praktis kedalaman skuat di posisi sayap Nets akan berkurang. Hingga kini, di dalam daftar pemain yang ada, Nets hanya memiliki Taurean Prince, Joe Harris, dan Rodions Kurucs. Nama yang pertama disebut juga merupakan wajah baru di kubu Nets.

Meski secara statistik tidak cukup mencolok musim lalu, keberadaan Wilson yang memiliki kemampuan bertahan cukup baik dapat sangat digunakan oleh Nets. Di sisi lain, fakta bahwa ia mampu memasukkan 37,3 persen tembakan tripoinnya musim lalu juga bisa menjadi opsi lain serangan Nets.

Sebelum Wilson, pemain Indiana Pacers, Tyreke Evans, juga gagal lolos tes serupa pada bulan Mei lalu. Namun, tampaknya kesalahan Tyreke jauh lebih parah dan membuatnya mendapatkan hukuman larangan bermain selama dua tahun. Mundur beberapa tahun lalu, O.J. Mayo dan Chris “Birdman” Andersen juga harus menepi karena kasus seperti ini. Setelah kasus tersebut, kedua pemain ini tak lagi bermain di NBA hingga sekarang.

Menilik pada lamanya hukuman, maka Wilson baru diperbolehkan bermain pada 15 Desember saat Nets menghadapi tim yang diperkuatnya musim lalu, Philadelphia 76ers. (DRMK)

Foto: Nets Daily

 

Komentar