IBL

Di pasar pemain bebas Juli lalu, Golden State Warriors bisa dibilang tak cukup banyak melakukan transaksi yang membuat pecinta NBA heboh. Praktis hanya transaksi D’Angelo Russell yang menyita banyak perhatian. Itu pun terjadi lantaran Russell masuk dalam paket sign and trade dengan mantan bintang Warriors yang pindah ke Brooklyn Nets, Kevin Durant.

Di sisi lain, Warriors seperti sudah tahu benar apa yang mereka butuhkan. Dua bintang yang bersama tim sejak awal karir mereka, Klay Thompson dan Draymond Green mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal. Kesepakatan yang memastikan bahwa skuat inti Warriors yang diisi Stephen Curry dan dua pemain di atas akan bertahan dalam waktu yang lama.

Namun, perpanjangan kontrak untuk Thompson tak melulu ditanggapi baik oleh beberapa pihak. Pasalnya, Thompson sedang dalam proses penyembuhan dari cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang biasanya memakan waktu hingga satu tahun. Cedera tersebut didapatkan saat ia bermain di gim keenam Final NBA 2019.

Tak sampai di situ, kabar terbaru menyebutkan bahwa ada seorang dokter dari Mayo Clinic (sebuah organsiasi medis nonprofit) bernama Dr. Tim Hewett yang menyarankan Thompson untuk mengambil waktu istriahat dua tahun penuh. Saran tersebut dilandasi penelitian bertahun-tahun yang ia lakukan dan hasilnya tak hanya Thompson, para penderita cedera ACL sebaiknya memang absen dua tahun penuh.

“Tolong sampaikan hal ini kepada Klay (Thompson). Ini bukan pendapat saya, beberapa orang mengira bahwa ini adalah pendapat saya da nada pendapat lainnya. Tidak, saya tidak berpendapat di sini,” ujar Hewett dilansir Heavy.com.  

“Saya telah melakukan penelitian dan ini adalah fakta. Saya tahu orang-orang tidak akan suka mendengar ini, tapi fakta ini tidak akan berubah. Ini adalah hal yang sangat berisiko tinggi, dan jika beberapa orang melewatkannya, peluang Sang Pemain terkena cedera yang berulang dan ia tidak akan menjadi pemain yang sama setelahnya,” lanjutnya.

Perpanjangan kontrak terbaru Thompson berdurasi lima tahun. Jika nantinya Thompson benar-benar absen dua tahun, maka Warriors akan membayarnya AS$68 juta hanya untuk penyembuhannya. Namun, jika yang diungkapkan Hewett benar, istirahat ini akan membuat Thompson tetap di performa terbaiknya di sisa tiga tahun kontraknya.

Cedera ulang adalah hal yang benar-benar berbahaya bagi seorang pemain. Dalam satu dekade terakhir, ada tiga pemain yang mengalami cedera ulang dan karirnya terus menurun. Ketiga pemain ini adalah  Josh Howard, Michael Redd, dan Jabari Parker. Dalam 25 tahun terakhir, 6 dari 67 pemain yang terkena ACL mengalami cedera ulangan. Jumlah tersebut setara hampir 10 persen.

“Jika Anda membiarkan pemain kembali ke lapangan setelah ACL dalam waktu 12 bulan atau sekitarnya, risiko cedera tersebut berulang semakin besar,” Hewett meneruskan. “Anda akan terus mengurangi risiko cedera terulang di setiap bulan Anda menunda untuk kembali bermain. Jika Anda memiliki atlet bergaji AS$15—20 juta, menunggu pemain untuk kembali ke kondisi fisiknya saya rasa cukup masuk akal,” tutupnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar