IBL

Amerika Serikat tidak menahan diri ketika melawan Jepang di pertandingan terakhir babak penyisihan pertama Grup E. Tim nasional Negeri Paman Sam itu menang 98-45 di Shanghai Oriental Sports, Shanghai, Cina, Kamis 5 September 2019. Hasil itu sekaligus membuat mereka berhak melaju ke babak kedua dengan status pemuncak klasemen.

Jaylen Brown menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan hari ini. Ia menyumbang 20 poin untuk Amerika Serikat. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 60 persen.

Kemba Walker, garda utama Amerika Serikat, kemudian menambahkan 15 poin. Harrison Barnes, forwarda, 14 poin. Donovan Mitchell dan Joe Harris masing-masing memberi 10 poin.

Jepang, di sisi lain, memiliki pemain NBA seperti Rui Hachimura dan Yuta Watanabe. Namun, keduanya tidak berkutik di hadapan Amerika Serikat. Saat itulah Yudai Baba, pemain B.League, muncul sebagai pendulang angka. Ia menyumbang 18 poin untuk Jepang.

Kendati begitu, perolehan poin Baba tidak cukup untuk membantu Negeri Sakura mengalahkan Amerika Serikat. Mereka tidak cukup kuat untuk melakukan itu. Amerika Serikat masih digdaya di Grup E.

Timnas asuhan Kepala Pelatih Gregg Popovich itu bahkan tidak pernah tertinggal di pertandingan ini. Mereka selalu mampu memimpin perolehan poin. Amerika Serikat, misalnya, unggul jauh 23-9 di kuarter pertama.

Popovich benar-benar tidak membiarkan anak-anak asuhnya kendur di pertandingan ini. Setelah unggul jauh di kuarter pertama, Amerika Serikat tidak menurunkan permainan. Mereka malah terus mencetak poin dan unggul 33-14. Skor semakin jauh dengan total 56-23.

Di kuarter tiga, Amerika Serikat semakin beringas. Mereka mampu mencetak 28 poin, sementara Jepang hanya 8. Amerika Serikat pun tambah jauh. Mereka memimpin 84-31.

Dengan skor setimpang itu, Amerika Serikat tinggal menunggu waktu untuk menang. Mereka bahkan tidak memaksakan diri untuk mencetak 20+ poin lagi seperti kuarter-kuarter sebelumnya. Amerika Serikat mengendurkan permainan sehingga hanya sempat mencetak 14 poin. Namun, itu saja sudah cukup untuk menutup pertandingan dengan kemenangan. Amerika Serikat menang 98-45.

Kemenangan itu membuat Amerika Serikat kukuh di puncak klasemen. Mereka kini berhak melaju ke putaran dua sebagai jaura grup. Selanjutnya, Amerika Serikat mesti menghadapi Brasil, Yunani, dan Republik Ceko di Grup K. Hasil di putaran kedua akan menentukan tempat Amerika Serikat di playoff. (put)

Foto: FIBA

Komentar