IBL

Republik Ceko dan Turki memainkan gim ketiga mereka di Grup E, Kamis, 5 September 2019, waktu setempat. Mengambil tempat di Shanghai Oriental Sports Center, Shanghai, Cina, Republik Ceko bisa dibilang menguasai jalannya pertandingan. Mereka terus berhasil menjaga jarak keunggulan dengan Turki yang berujung pada kemenangan berselisih 15 poin, 91-76.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Republik Ceko yang membuat mereka otomatis lolos ke putaran kedua bersama Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri baru akan memainkan gim ketiga mereka melawan Jepang beberapa jam setelahnya. Nantinya, Amerika Serikat dan Turki akan bergabung di Grup K dengan Brazil dan satu perwakilan lagi dari Grup F.

Menariknya lagi, keberhasilan lolos ke putaran kedua bagi Republik Ceko ini bisa dibilang prestasi yang luar biasa. Pasalnya, Piala Dunia 2019 Cina merupakan kali pertama mereka tampil di Piala Dunia. Sebagai debutan, lolos ke putaran kedua dengan grup yang bermaterikan Amerika Serikat, Turki, dan Jepang tentu merupakan pencapaian yang apik.

Di gim lawan Turki, lima pemain Republik Ceko mengemas dua digit poin. Vojtech Hruban memimpin tim dengan 18 poin, 4 rebound, dan 4 asis dari 8/12 tembakan. Ondrej Balvin menyusul dengan dobel-dobel 17 poin dan 11 rebound.

Patrik Auda membukukan 16 poin plus 9 rebound meski memulai laga dari bangku cadangan. Jaromir Bohacik menambahkan 15 poin sementara pemain Chicago Bulls, Tomas Satoransky, mencetak 11 poin, 7 rebound, dan 7 asis.

Dari kubu Turki, duet pemain NBA mereka menjadi andalan. Cedi Osman menempatkan dirinya sebagai top skor di gim ini dengan 24 poin dari 8/14 tembakan. Furkan Korkmaz menyusul dengan 16 poin, 4 rebound, dan 4 asis sementara Melih Mahmutoglu membukukan 14 poin.

Sebaliknya bagi Turki, kekalahan ini memaksa mereka tergabung dalam Grup O putaran kualifikasi bersama Jepang. Nantinya, hasil yang mereka raih di Grup O akan mempengaruhi posisi akhir mereka di Piala Dunia dan kelanjutan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar