IBL

Grup K Piala Dunia 2019 yang ditempati Amerika Serikat, Republik Ceko, Brasil, dan Yunani, rasanya bukanlah grup yang diprediksi menjadi grup paling sulit di putaran kedua. Namun, apa yang terjadi justru sebaliknya. Saat tiga grup lainnya sudah menentukan wakil yang lolos ke perempat final, peluang empat negara penghuni Grup K untuk lolos ke perempat final masih terbuka.

Memasuki gim kedua putaran kedua yang digelar hari ini, Senin, 9 September 2019, waktu setempat, ada skenario-skenario khusus yang membuat peta persaingan Grup K bisa berubah. Untuk sementara, Amerika Serikat yang sudah mengantongi empat kemenangan memang memiliki peluang terbesar untuk lolos. Namun, jika beberapa kondisi terjadi, Yunani yang baru meraih dua kemenangan sejauh ini juga bisa lolos.

Skenario pertama bisa dibilang menjadi skenario termudah. Amerika Serikat dan Republik Ceko adalah dua tim teratas di grup ini sementara.  Jika kedua tim ini meraih kemenangan, berapapun skornya, maka otomatis mereka lolos ke perempat final.

Jika Amerika Serikat dan Yunani yang menang, Yunani pun tak bisa serta-merta lolos. Yunani wajib menang dengan selisih poin setidaknya 12 poin untuk lolos, sekali lagi dengan catatan jika Amerika Serikat menang. Seandainya tak sampai 12 poin, maka Republik Ceko tetap menjadi tim yang lolos dari Grup K.

Namun, jika Amerika Serikat kalah atas Brasil sementara Yunani menang, yang berhak lolos adalah Brasil dan Amerika Serikat, berapapun selisih skornya. Brasil bisa memperbesar peluang lolos mereka dan tak bergantung pada hasil Yunani asalkan mereka menang dengan selisih poin setidaknya 22 poin atas Amerika Serikat. Jika selisih kemenangan tak sampai 22 poin, maka Amerika Serikat dan Republik Ceko yang lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar