IBL

Partai perempat ketiga menghadirkan Prancis berhadapan dengan Amerika Serikat, Rabu, 11 September 2019, waktu setempat. Berlangsung sengit sejak tepis mula terbukti dengan 12 pergantian keunggulan, Prancis baru memastikan keunggulan mereka di tiga menit akhir kuarter empat. Akurasi tembakan yang lebih baik membawa Prancis memenangi gim yang digelar di Dongguan Basketball Center, Dongguan, Cina, dengan kemenangan 89-79.

Hasil ini membawa Prancis lolos ke semifinal dan akan berhadapan dengan Argentina. Sementara bagi Amerika Serikat, kekalahan ini memutus rekor baik dan panjang mereka. Ya, Amerika Serikat selalu menang dalam 58 gim Olimpiade dan Piala Dunia sebelum gim ini. Ini adalah kekalahan pertama mereka sejak terakhir kali kalah atas Yunani di semifinal Piala Dunia 2006, Jepang.

Duet NBA, Evan Fournier dan Rudy Gobert tampil mengesankan di gim ini. Fournier menjadi top skor Prancis dengan 22 poin dan 4 asis dari 4/8 tripoin sementara Gobert menyusul dengan dobel-dobel, 21 poin, 16 rebound, dan 3 blok.

Nando De Colo mencetak 18 poin yang 9 di antaranya datang dari tembakan gratis. Pemain New York Knicks, Frank Ntilikina, melengkapi daftar dengan 11 poin, termasuk di dalamnnya dua tembakan yang membawa Prancis mengambil momentum di sisa empat menit pertandingan.  

Dari kubu Amerika Serikat, Donovan Mitchell seolah tampil seorang diri dengan sumbangsih 29 poin dari 12/23 tembakan. Hanya ada dua pemain Amerika Serikat lain yang mencetak dua digit poin. Marcus Smart dengan 11 poin dan Kemba Walker dengan 10 poin.

Prancis akan menghadapi Argentina Jumat, 13 September 2019, di Wukesong Sport Arena, Beijing, Cina. Sementara Amerika Serikat, akan menjalani partai perebutan peringkat 5—8 dengan Serbia, esok hari, masih di Dongguan Basketball Center. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar