IBL

Tim nasional Amerika Serikat melakoni pertandingan ekshibisi terakhir melawan Kanada menjelang Piala Dunia 2019. Amerika Serikat menutup pertandingan itu dengan menang 84-68 di Qudos Bank Arena, Sydney, Australia, 26 Agustus 2019. Itu merupakan kemenangan ketiga dari total empat pertandingan ekshibisi Amerika Serikat sepanjang bulan ini.

Jaylen Brown mencetak 19 poin dari bangku cadangan. Donovan Mitchell dan Kemba Walker masing-masing 12 poin. Myles Turner dobel-dobel 10 poin dan 15 rebound.

Sementara itu, Kanada mendapat sokongan dari Kyle Wiltjer. Ia mencetak 21 poin meski turun sebagai cadangan. Khem Birch lalu menambahkan 13 poin, 6 rebound, dan 2 blok. Namun, itu tidak cukup untuk menggulingkan lawan.

Amerika Serikat membuka pertandingan dengan keunggulan. Mereka produktif sehingga mampu meninggalkan Kanada dengan margin lebar 20-9 di kuarter satu. Ada selisih sebesar 11 poin yang membuat Amerika Serikat berada di depan.

Timnas Negeri Paman Sam itu kemudian mempertahankannya posisinya. Mereka terus berada di depan tanpa pernah tertinggal sekalipun. Padahal Kanada terus-menerus membombardir pertahanan mereka di kuarter dua. Kanada setidaknya mencetak 22 poin di kuarter itu. Untungnya, Amerika Serikat bisa mencetak 24 poin di kuarter yang sama. Donovan Mitchell, garda Utah Jazz, bahkan sempat menambahkan dua poin lewat tombokannya untuk memimpin 46-31 di paruh pertama.

Mitchell sendiri sudah mengumpulkan 12 poin selama dua kuarter itu. Jaylen Brown membantunya dengan 13 poin. Sementara pemain lain belum ada yang mencapai dobel digit poin.

Pertandingan kemudian berlangsung sengit di kuarter tiga. Kedua tim saling berbalas poin. Amerika Serikat pada akhirnya hanya unggul dua poin (18-16) di kuarter itu. Namun, mampu mempertahankan posisinya di depan dengan akumulasi skor 64-47. Selisihnya masih lebar dengan total 17 poin.

Brown, Mitchell, Walker dkk. terus mempertahankan itu sampai akhir. Turner juga membantu mereka dengan perolehan dobel-dobel. Mereka mencetak 20 poin di kuarter empat, sementara Kanada sempat mencetak 21 poin lagi.

Amerika Serikat menutup pertandingan dengan kemenangan. Mereka unggul 16 poin. Total skor 84-68.

Dengan berakhirnya pertandingan itu, berakhir pula rangkaian pertandingan ekshibisi Amerika Serikat. Mereka akan segera terbang ke Cina untuk melakoni Piala Dunia. Amerika Serikat berada di grup E bersama Turki, Jepang, dan Republik Ceko. (put)

Foto: USA Basketball

Komentar