IBL

Tim nasional Amerika Serikat berangkat ke Australia untuk menghadapi pertandingan uji coba menjelang Piala Dunia 2019. Mereka membawa 13 pemain saja karena tiga lainnya mengundurkan diri. De’Aaron Fox, P.J. Tucker, dan Marvin Bagley III meninggalkan timnas karena urusan pribadi.

Dengan sisa 13 pemain itu, Amerika Serikat hanya perlu menyisihkan satu orang untuk membentuk roster akhir. Namun, Kepala Pelatih Gregg Popovich mengaku kesulitan memangkas jumlah pemain. Ia belum tahu akan menyisihkan siapa.

“Ketika Anda memangkas orang dari tim NBA reguler, itu sulit,” kata Popovich per Associated Press. “Kami harus melakukan itu. Dan akan lebih dari itu. Saya takut harus melakukan itu. Namun, harus dilakukan.”

Saat ini, timnas Amerika Serikat diperkuat pemain dengan latar belakang berbeda-beda. Ada yang berpengalaman dengan timnas, ada pula yang tidak. Mereka adalah Harrison Barnes, Jaylen Brown, Joe Harris, Kyle Kuzma, Brook Lopez, Khris Middleton, Donovan Mitchell, Mason Plumlee, Marcus Smart, Jayson Tatum, Myles Turner, Kemba Walker, dan Derrick White.

Sejauh ini, Popovich memang tidak banyak memangkas timnya. Pada umumnya, para pemain justru keluar karena mengundurkan diri, termasuk Fox, Tucker, dan Bagley III. Selama kamp latihan, Popovich bahkan hanya sempat menyisihkan dua pemain, yaitu Thaddeus Young dan Bam Adebayo.

Popovich justru lebih banyak mempromosikan pemain di saat yang sama. Ia mempromosikan Harris dan White ke tim utama. Fox, yang baru saja mengundurkan diri, sebenarnya juga dipromosikan dari tim pilihan ke tim utama.

Kendati demikian, Kepala Pelatih Amerika Serikat itu mau tak mau harus segera mengumumkan roster akhir mereka. Sebab, Piala Dunia akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi. Tepatnya pada 31 Agustus mendatang. Pertandingan uji coba di Australia akan membuat semuanya jelas. Akan ada satu pemain lagi yang dicoret agar timnas Amerika Serikat tuntas membentuk skuatnya. (put)

Foto: NBA

Komentar