IBL

Gregg Popovich mengatakan San Antonio Spurs mesti bersiap melakoni sisa musim tanpa Kawhi Leonard beberapa minggu lalu. Namun, kabar segar justru datang kemarin, Minggu 11 Maret 2018. NBA melaporkan, Sang Bintang akan kembali pekan depan. Leonard kemungkinan akan tampil melawan New Orleans Pelicans pada Jumat 16 Maret 2018.

NBA 2017-2018 memang menjadi musim kelam bagi Leonard. Bintang San Antonio Spurs ini terpuruk karena cedera sejak playoff musim lalu. Pada laga melawan Golden State Warriors itu ia mengalami cedera pada engkelnya sehingga absen di sisa musim. Timnya pun tumbang 4-0 dan gagal melaju ke babak berikutnya.

Kendati demikian, bukan cedera itu saja yang membuat Leonard harus menepi selama ini. Sebelum musim ini dimulai, ia mengalami cedera lagi pada kuadrisep di kaki kanannya saat mengikuti kamp latihan. Cedera itulah yang membuatnya sulit tampil di musim ini.

Leonard sebenarnya sempat tampil melawan Dallas Mavericks, pada Rabu 13 Desember 2017 lalu. Ia tampil dengan menit bermain yang dibatasi menyusul upaya pemulihan cederanya sedikit demi sedikit. Pada pertandingan itu, ia mencetak 13 poin dalam 15 menit, tapi timnya kalah.

Laga melawan Mavericks itu sekaligus menjadi debut Leonard musim ini, tetapi kemudian ia harus menepi lagi karena cedera yang sama. Secara total, ia hanya tampil sembilan kali dari 66 laga Spurs sampai hari ini, Senin 12 Maret 2018.

Akibat absennya Sang Bintang, Spurs mengalami kekalahan terburuk mereka sejak 1996-1997. Musim ini mereka kalah di 13 pertandingan dari 20 pertandingan terakhirnya. Spurs baru saja kalah 94-104 dari Oklahoma City Thunder kemarin.

Jika melihat catatan klasemen, rekor ini cukup berbahaya mengingat Spurs (37-29) hanya berjarak satu kemenangan dengan Los Angeles Clippers (36-29), tim peringkat delapan, di klasemen sementara Wilayah Barat. Belum lagi di bawahnya ada Denver Nuggets dan Utah Jazz yang siap menggulingkan mereka. Jika tidak bisa keluar dari keterpurukan, maka tim asal Texas itu terancam gagal ke playoff.

Dalam perjalanan pemulihan cederanya, sempat terdengar kabar dari Popovich yang meragukan anak asuhnya bisa tampil musim ini. Akan tetapi, Leonard menampik hal itu dengan kabar ini. Ia tetap melakukan proses pemulihan bersama Spurs dan berharap bisa bermain untuk tim ini sampai akhir karirnya.

Kini, dengan kemungkinan kembalinya Leonard pekan depan, Spurs akan membangun ulang kekuatan mereka untuk melakoni sisa musim ini.

Foto: Sports Illustrated

 

Baca juga:

Meragukan San Antonio Spurs untuk Pertama Kali dalam 20 Tahun Terakhir

Setelah Belajar Karate, Kawhi Leonard Kembali

Kawhi Leonard Cedera, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Kawhi Leonard, Robot Terbaik di Dunia

Komentar