IBL

Tuan rumah Methodist-2 Hawks tampil perkasa di Elang Cup 3 2019. Mereka perkasa sejak babak penyisihan hingga final. Tim yang diperkuat Samuel Deguara dan Jason Brickman itu menghancurkan CSP Devils di partai final dengan skor 120-80. Brickman terpilih sebagai MVP pada turnamen kali ini.

Elang Cup 3 2019 membolehkan pesertanya menyewa pemain asing. Untuk pemain asing dunia dibatasi dua orang, sedangkan untuk pemain berpaspor Asia Tenggara jumlahnya bebas.

Dua tim yang bertemu di final punya roster yang mewah. Tuan rumah Methodist-2 Hawks mendatangkan Jason Brickman dan Samuel Deguara yang sudah terkenal di ASEAN Basketball League. Mereka juga diperkuat oleh Savon Goodman yang pernah membela Stapac Jakarta di IBL 2018-2019. Lalu ada pemain CLS Knights Indonesia, Sandy Febiansyakh Kurniawan. Ditambah tiga pemain asing lagi yaitu Jose Nouchanthavong, Ricardo Cawalling, dan Christoper Alan Ellis.

Hawks tidak hanya perkasa di bawah ring. Namun mereka tajam di luar busur karena ada Brickman dan Sandy. Selama turnamen ini, Hawks tidak pernah kalah.

Sementara itu, lawan Hawks di final adalah CSP Devils. Tim yang dipimpin oleh nakhoda Amartha Hangtuah, Andika Supriadi Saputra. Mereka diperkuat oleh Jarron Crump, Mark Dougan, Delvin Goh, Leo Avenido. Bryan Austin, Avery Scharer, Marcus Douhtit, dan Galang Gunawan.

Meski berhasil sampai ke babak final, Devils harus puas berada di tempat kedua setelah kalah 80-120. Faktor kelelahan juga menjadi penyebabnya. Karena Devils sebelumnya harus bertanding hingga larut malam. Mereka menundukkan Indonesia Selection, 119-117, lewat empat kali babak tambahan waktu (overtime).

Sementara itu, Indonesia Selection menempati peringkat ketiga. Tim yang berisi pemain seleksi Timnas Basket Putra Indonesia tersebut tampil perdana di bawah asuhan Kepala Pelatih Rajko Toroman. (tor)

Foto: Dokumentasi Elang Cup 2019

Komentar