TIMNAS

Turnamen basket Elang Cup 3 2019 akan bergulir 7-13 Agustus 2019. Turnamen yang digelar klub Hawks Medan tersebut mengundang tim-tim profesional seperti Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, hingga Timnas Basket Putra Indonesia. Di edisi ketiga kali ini, Elang Cup akan bertabur bintang-bintang basket dari dalam dan luar negeri.

Peserta Elang Cup tahun ini ada delapan tim. Selain dua tim IBL, Prawira dan Satria Muda, ada BBM Vikings Warriors Surabaya, CSP Devils, dan tuan rumah Methodist-2 Hawks. Kemudian ada dua tim dari luar negeri yaitu Red Baron Malaysia dan Adroit Singapura. Lebih istimewa lagi, tahun ini ada Timnas Basket Putra Indonesia yang sedang menjalani masa seleksi pemain. Mereka berangkat dengan 14 pemain pilihan Kepala Pelatih Rajko Toroman.

Ketua Umum Pengprov Perbasi Sumatera Utara, Iwan Hartono, menyampaikan bahwa turnamen tahun ini menjadi sangat istimewa dengan kehadiran tim-tim peserta dari dalam dan luar negeri. Selain itu, mereka diperbolehkan memakai pemain asing, yang sekaligus menjadi hiburan bagi penggemar basket di Medan.

"Kota Medan memang beberapa kali menjadi tuan rumah kejuaraan nasional dan internasional. Namun baru kali ini, kami kedatangan bintang-bintang basket yang luar biasa. Penampilan mereka menjadi hadiah bagi masyarakat pecinta basket di Medan pada khususnya, dan Sumatera Utara pada umumnya. Mereka haus akan pertandingan berkualitas," ucapnya.

Menariknya, panitia Elang Cup 3 membolehkan tim peserta memakai jasa pemain asing. Ada dua kategori pemain asing yang bisa dibawa yaitu World Import dan Asean Heritage. Untuk World Import atau pemain asing dunia (di luar Asia Tenggara) jumlahnya dua pemain. Sedangkan untuk Asean Heritage (pemain pemegang paspor negara kawasan Asia Tenggara) jumlahnya bebas.

Banyak nama-nama pemain ternama bergabung dengan tim-tim peserta. Satria Muda membawa Nashon George dan Brachon Griffin untuk membantu pasukan Youbel Sondakh. Sedangkan Prawira Bandung mendatangkan Trey Dasean dan Keion Jhonson.

Klub CSP Devils yang dipimpin oleh Kepala Pelatih Andika Supriadi Saputra membawa Galank Gunawan, Jarron Crump, Freddy Chen, Delvin Goh, dan beberapa pemain asing lainnya. Sedangkan BBM Viking mayoritas diperkuat oleh pemain asing Asia Tenggara, serta dipimpin oleh Kepala Pelatih Benjamin Alvarez Sipin III.

Tuan rumah Methodist-2 Hawks punya roster yang mewah. Ada Savon Goodman, Sam Deguara, Jason Brickman, Budi Sucipto, hingga Sandy Febiansyakh Kurniawan. Sedangkan dua tim luar negeri Adroit dan Red Baron juga datang dengan pemain terbaiknya.

Sementara itu, Timnas Basket Putra Indonesia membawa 14 pemain dengan nama Indonesia Selection. Ini merupakan penampilan perdana timnas Indonesia di bawah asuhan Kepala Pelatih Rajko Toroman. Mereka tengah melakukan proses seleksi pemain untuk FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers dan SEA Games 2019.

Turnamen ini menggunakan sistem setengah kompetisi. Delapan peserta dibagi menjadi dua grup untuk babak penyisihan. Grup A berisi Methodist-2 Hawks, Indonesia Selection, Red Baron, dan Prawira Bandung. Lalu Grup B berisi CSP Devils, Satria Muda, Adroit, dan BBM Vikings Warriors. Setelah itu, dua tim peringkat teratas masuk ke semifinal. (tor)

Berikut Roster Tim Elang Cup 3 2019:

Berikut Jadwal Pertandingan Elang Cup 3 2019:

Foto: Dokumentasi Elang Cup 3 2019

Komentar