IBL

Meski dikabarkan belum ingin selesai merekrut pemain di pasar pemain bebas, proyeksi susunan pemain utama (starter) Utah Jazz mulai diperbincangkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumya, tim ini tidak memiliki pemain yang biasa bermain sebagai power forward dalam skuat mereka. Hal tersebut terjadi usai mereka membiarkan Derrick Favors pergi merapat ke New Orleans Pelicans.

Mike Conley dan Bojan Bogdanovic yang baru bergabung di pasar pemain bebas kali ini diyakini akan mengisi posisi utama. Di luar keduanya, Donovan Mitchell dan Rudy Gobert juga sudah dipastikan tak akan bergeser dari starter. Satu posisi yang lowong adalah posisi yang sering disebut power forward.

Beberapa pengamat dan penikmat NBA meyakini bahawa Joe Ingles yang musim lalu menjadi starter di posisi forwarda akan mengisi posisi ini. Namun, laporan terbaru The Athletic, meyakini bahwa Ingles bukanlah pemain yang akan mengisi posisi tersebut. Jazz dikabarkan menyiapkan pemain yang terdaftar sebagai shooting guard, Royce O'Neale, untuk menempati posisi tersebut.

Jika pemberitaan The Athletic ini benar, besar kemungkinan tim ini akan menjadi salah satu tim dengan rataan tinggi pemain terendah di NBA. Pasalnya, Royce tercatat “hanya” memiliki tinggi 6’6” yang setara dengan 198 sentimeter. Ia bahkan sebenarnya tidak lebih tinggi dari Bogdanovic yang memiliki tinggi 6’8” (203 sentimeter).

Namun, menempatkan Royce di posisi ini bisa dibilang cukup masuk akal. Pasalnya, Royce memiliki atletisme tubuh dan kemampuan bertahan yang bagus terutama di area perimeter. Di sisi lain, dengan menempatkan Royce di barisan starter maka skuat utama Jazz akan dipenuhi dengan empat penembak jarak jauh plus satu perebut rebound ulung dalam diri Gobert.

Di sisi lain, menempatkan Royce sebagai power forward juga semakin mengukuhkan penggunaaan sistem permaianan nirposisi (positionless). Sistem yang sebenarnya sudah ada cukup lama di NBA dan semakin populer seiring keberhasilan Golden State Warriors melaju ke final dalam lima musim terkahir dan meraih tiga gelar juara. Artikel dan analisis lengkap tentang sistem permainan nirposisi bisa Anda dapatkan di majalah Mainbasket edisi 79 bulan April 2019. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar