TIMNAS

Terbilang cukup sunyi di tengah ramainya pertukaran pemain jelang NBA Draft dan pasar pemain bebas, Oklahoma City Thunder akhirnya melakukan pergerakan. Dilansir oleh Sports Illustrated, Thunder membuka peluang pertukaran untuk tiga pemain utama mereka plus hak memilih di urutan ke-21 NBA Draft 2019.

Hal tersebut mereka lakukan untuk mengurangi pembayaran “pajak kemewahan” (luxury tax) yang mereka punya. Steven Adams, Dennis Schroder, dan Andre Roberson adalah ketiga pemain tersebut. Ketiganya memiliki nilai kontrak per musim puluhan juta dollar.

Pada musim 2019-2020, Steven menjadi yang termahal dengan AS$25,8 juta. Dennis menyusul dengan bayaran AS$15,5 juta sementara Andre memiliki nilai AS$10,7 juta. Dua pemain yang disebut pertama adalah pilar utama Thunder sepanjang musim ini. Sementara Andre adalah pilar di musim lalu dan harus absen sepanjang musim ini lantaran cedera pada lutut kirinya.

Sesuai dengan besarnya bayaran, Steven bisa dibilang sebagai pemain yang lebih vital ketimbang dua pemain lainnya. Dari 80 gim musim ini, Steven mengemas 13,9 poin, 9,5 rebound, 1,5 steal, dan 1,0 blok per gim. Ia menjadi “pekerja kasar” utama Thunder di area bawah ring dan merupakan rekan tembok (screen) terbaik untuk pemain-pemain seperti Russell Westbrook dan Paul George.

Meski tak sebesar peran Steven, kehadiran Dennis bisa dibilang cukup menghidupkan bangku cadangan Thunder. Sepanjang 79 penampilan yang 14 di antaranya ia mainkan sebagai starter, Dennis mengemas 15,5 poin, 3,6 rebound, dan 4,1 asis per gim. Catatan tersebut menempatkanya sebagai pemain cadangan tersubur di Thunder.

Sementara Andre adalah salah satu kepingan bertahan berharga Thunder jika sehat. Ia mungkin bukan bantuan berharga saat menyerang terbukti dengan rataan poin yang tidak sampai lima poin per gim dan akurasi di bawah 50 persen. Namun, jika harus menempel pemain menyerang terbaik lawan, Andre mungkin pilihan terbaik. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar