IBL

Toronto Raptors menjadi juara NBA 2018-2019 setelah mengalahkan Golden State Warriors di gim keenam 114-110 (4-2). Gim berjalan sengit sejak awal dan diawarnai pergantian keunggulan. Namun, Raptors berhasil memastikan keunggulan mereka melalui layup dari Pascal Siakam yang lantas diikuti tembakan gratis dari Kawhi Leonard. Ini adalah gelar juara pertama bagi Raptors sejak tim ini dibentuk pada 1995 lalu. Mereka juga menjadi tim pertama di luar Amerika Serikat yang mampu membawa pulang trofi Larry O’Brien.

Siakam sendiri menjadi top skor di gim ini untuk Raptors bersama Kyle Lowry. Keduanya sama-sama mengemas 26 poin dan dobel-dobel di gim ini. Bedanya, Siakam mengemas 26 poin dan 10 rebound sementara Lowry mencetak 26 poin, 7 rebound, dan 10 asis. Keduanya juga mencatatkan FG% di atas 50 persen di gim ini, Siakam 59 persen sementara Lowry 57 persen.

Setelah kedua pemain ini, Kawhi Leonard dan Fred VanVleet juga mencetak lebih dari 20 poin. Leonard mengemas 22 poin dan 6 rebound sementara VanVleet 22 poin dari 5/11 tripoin. VanVleet juga mengambil peran penting dengan mencetak 12 dari keseluruhan poinnya di kuarter empat. Serge Ibaka melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda Raptors usai membukukan 15 poin dan 3 rebound.

“Kami telah tumbuh dan membuktikan kepada dunia sebagai satu-satunya tim di luar Amerika Serikat. Para pemain, pelatih, dan manajemen, semua  bekerja dengan luar biasa. Untuk Warriors, saya ucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi. Untuk Kevin Durant dan Klay Thompson, kami menaruh hormat tinggi kepada kalian sebagai pemain, tapi kami ingin membawa gelar juara ke Toronto. Dan Kami benar-benar membawa gelar ini ke Toronto!,” ungkap Masai Ujiri, manajer umum Raptors saat penyerahan trofi juara.

Gelar MVP final sendiri diberikan oleh komisiaris NBA, Adam Silver, kepada Leonard. Sepanjang enam gim final, Kawhi mengemas rataan 28,5 poin, 9,8 rebound, dan 4,1 asis per gim. Ini adalah gelar MVP final kedua sepanjang karir Kawhi. Ini juga menjadi gelar keduanya dari tiga kali penampilan di final.

Dari kubu Warriors, Klay Thompson menjadi top skor dengan 30 poin dan 5 rebound dari 8/12 tembakan. Sayangnya, Thompson harus meninggalkan lapangan lebih cepat di kuarter tiga karena mengalami cedera pada lutut kirinya usai mendarat dalam posisi yang kurang tepat.

Andre Iguodala mengemas 22 poin, Stephen Curry 21 poin dan 7 asis, sementara Draymond Green tripel-dobel dengan 11 poin, 19 rebound, dan 13 asis. DeMarcus Cousins melengkapi daftar pencetak angka Warriors dengan 12 poin dan 5 rebound.

Selain memastikan selesainya gelaran NBA 2018-2019, pertandingan ini juga menjadi pertandingan terakhir yang digelar di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat. Setelahnya, Warriors akan berpindah kandang ke Chase Center, San Fransisco, California, Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar