IBL

Golden State Warriors akan menghadapi Toronto Raptors setidaknya sekali lagi di Final NBA 2019. Kevin Durant, forwarda Warriors yang tengah cedera, ikut terbang ke Toronto pada Sabtu 8 Juni 2019 waktu setempat. Namun, ia belum tentu akan ikut bermain di pertandingan kelima.

Durant sudah absen sejak Semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets karena cedera betisnya. Ia pun absen di Final Wilayah Barat melawan Portland Trail Blazers hingga Final NBA. Durant telah melewatkan setidaknya sembilan pertandingan terakhir.

Dengan absennya Durant, Warriors tidak cukup berdaya di Final NBA. Apalagi mereka juga sempat kehilangan beberapa pilar lain. Klay Thompson, garda tembak Warriors, absen di pertandingan ketiga karena cedera hamstring. Untungnya ia bisa segera kembali di pertandingan berikutnya.

Warriors dewasa ini tengah berada di ujung jurang. Mereka menyisakan satu nyawa lagi untuk bertahan di seri final. Raptors menumbangkan mereka 3-1.

Ketika Durant absen, Kepala Pelatih Steve Kerr mengandalkan Splash Brothers untuk mendulang poin. Serangan-serangan mereka cenderung bertumpu pada Thompson dan Stephen Curry. Pemain lain tidak begitu bisa diandalkan, sehingga Warriors tumbang tiga kali di final.

Meski begitu, semangat Warriors masih menyala. Mereka punya satu kesempatan lagi. Pertandingan kelima akan menentukan nasib mereka.

Seandainya Durant bisa kembali di pertandingan nanti, berarti Warriors akan mendapat tenaga tambahan. Forwarda bernomor punggung 35 itu telah membuktikannya selama semusim ini. Ia merupakan potongan penting Warriors.

Durant mencetak 26 poin, 6,4 rebound, dan 5,6 asis per pertandingan di musim reguler 2018-2019. Ia juga berkontribusi besar di playoff sebelum mengalami cedera. Durant mencetak rata-rata 34,2 poin, 5,2 rebound, dan 4,9 asis di pertandingan pascamusim reguler. Ia merupakan mesin poin utama Warriors.

Sayangnya, angka-angka di atas tidak berarti ketika Durant mengalami cedera. Warriors pun tumbang beberapa kali karenanya. Mereka ingin Durant kembali secepatnya. Namun, kondisinya tidak juga menentu. Kerr bahkan beberapa kali kebingungan menyampaikan kondisi kesehatannya.

Ketika Durant ikut terbang ke Toronto, Sang Pelatih belum juga mengumumkan status Durant. Jika melihat trennya belakangan ini, Kerr selalu mengumumkan status pemain sehari sebelum pertandingan. Pertandingan kelima akan berlangsung lusa di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada. Kemungkinan Kerr baru akan mengumumkan status Durant besok. (put)

Foto: NBA

Komentar