IBL

Kabar buruk kembali menghampiri Golden State Warriors menjelang gim keempat Final NBA 2019. Kevin Durant, forwarda andalan mereka, harus absen lagi. Ia masih berkutat dengan cedera betisnya. Padahal Warriors harus menghadapi Toronto Raptors di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Jumat 7 Juni 2019 waktu setempat.

Warriors tampil tanpa Durant dalam delapan gim terakhir, termasuk tiga gim final. Selama itu Warriors mengemas enam kemenangan. Namun, mereka tertinggal 1-2 melawan Raptors di final.

Kondisi Durant sebenarnya sempat dikabarkan membaik. Ia hendak tampil di final, tetapi Kepala Pelatih Steve Kerr tidak mau mengambil risiko. Apalagi Durant belum sempat berlatih bersama tim sejak mengalami cedera.

“Kevin tidak akan bermain besok,” kata Kerr seperti dikutip situs resmi liga. "Dia akan terus mendapatkan perawatan, pergi ke lapangan dan terus latihan. Namun, dia tidak akan tampil untuk gim keempat."

Forwarda bernomor punggung 35 itu sudah cedera sejak gim kelima Semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets. Ia kemudian absen di semua gim Final Wilayah Barat melawan Portland Trail Blazers hingga Final NBA. Warriors terpaksa kehilangan mesin poinnya.

Durant mencetak 26 poin, 6,4 rebound, 5,9 asis, dan 1,1 blok per gim musim reguler 2018-2019. Ia membantu Warriors bertengger di puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor 57-25. Warriors pun berhak ke playoff dengan segala pencapaiannya.

Selama playoff, Durant sangat berguna bagi Warriors. Ia menjadi mesin poin terproduktif dengan 34,2 poin per gim. Ia juga mencetak rata-rata 5,2 rebound, 4,9 asis, 1,2 steal, dan 1 blok.

Sementara itu, nasib Klay Thompson berbeda dengan Durant. Ia tampak lebih mujur. Setelah absen di gim ketiga akibat cedera hamstring, garda tembak Warriors itu rencananya akan kembali tampil di gim keempat.

Kerr lantas berharap Warriors bisa memenangkan pertandingan. Thompson juga menyiapan dirinya. Apalagi Warriors hendak mempertahankan gelar juara NBA untuk ketiga kalinya.

“Ya, saya tahu itu. Saya dapat merasakannya,” kata Thompson seperti dikutip situs resmi NBA. “Badan saya terasa sangat baik dan istirahat satu malam lagi akan membantu. Sekarang saya tidak sabar untuk kembali bermain besok.”

Thompson mencetak 19,5 poin, 4 rebound, dan 2,1 asis di playoff. Ia menyumbang 23 poin per pertandingan di final. Warriors membutuhkannya untuk merebut kemenangan di kandang. Sebab, setelah gim keempat, mereka akan kembali ke Toronto untuk gim tandang. (GNP)

Foto: NBA

Komentar