IBL

Final NBA 2018-2019 tinggal beberapa jam lagi. Golden State Warriors mengubah status DeMarcus Cousins dari dipertanyakan ke tersedia. Itu artinya, senter andalan Warriors itu bisa tampil di pertandingan final pertama melawan Toronto Raptors di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, Kamis 30 Mei 2019 waktu setempat.

Cousins sebelum ini sempat diragukan tampil karena cederanya. Sang Senter mengalami cedera otot kuadrisep di playoff putaran pertama. Ia pun absen sejak pertandingan kedua melawan Los Angeles Clippers.

Kendati demikian, kondisi Cousins berangsur pulih beberapa waktu lalu. Ia bahkan sudah mengikuti latihan bersama tim. Ia juga terbang ke Toronto untuk bersiap-siap menghadapi dua final pertama di sana.

Kepala Pelatih Steve Kerr pada awalnya belum yakin pemainnya bisa tampil. Ia hanya mengatakan Cousins punya kesempatan untuk tampil di pertandingan pertama dengan status dipertanyakan. Namun, ia kemudian mengumumkan ke media bahwa Sang Senter akhirnya bisa aktif.

Meski sudah aktif, Cousins belum tentu akan tampil sebagai starter. Kerr tidak mengatakan apa pun tentang itu. Namun, kembalinya Cousins berarti tambahan kekuatan untuk Warriors.

Cousins, 28 tahun, bergabung dengan Warriors di awal 2018-2019. Tim asal Oakland itu merekrutnya dengan kontrak satu tahun. Cousins kemudian tampil sebanyak 30 kali di musim reguler dengan rata-rata 16,3 poin, 8,2 rebound, dan 3,6 asis. Ia hanya bisa tampil sebanyak itu lantaran baru pulih dari cedera Achilles.  

Cousins kemudian berkesempatan untuk tampil di playoff. Ia bermain di dua pertandingan pertama. Sayangnya, ia harus mengalami cedera otot kuadrisep di pertandingan kedua itu. Ia pun harus menepi lagi.

Dengan kondisinya yang mulai pulih, Cousins kini berkesempatan untuk tampil di pertandingan final pertamanya. Ia belum pernah bermain di final bersama tim-tim sebelumnya. Warriors membuatnya bisa merasakan pertandingan final.

Warriors sendiri akan melawan Raptors untuk mencetak sejarah baru. Mereka berpotensi menjadi tim kelima dalam sejarah NBA dengan tiga gelar juara beruntun. Warriors sudah mengantungi dua gelar dari dua musim terakhir. (GNP)

Foto: NBA

Komentar