IBL

Toronto Raptors melaju ke Final NBA untuk pertama kalinya. Mereka menumbangkan Milwaukee Bucks 100-94 di pertandigan keenam Final Wilayah Timur di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Sabtu 25 Mei 2019 waktu setempat. Kawhi Leonard, forwarda andalan Raptors, membantu mereka menggapai impian.

Leonard mencetak 27 poin, 17 rebound, dan 7 asis untuk mengantarkan Raptors ke final. Ia bahkan mampu menjadi pencetak angka terbanyak ketiga dalam sejarah Raptors di pascamusim reguler. Padahal ini baru musim pertamanya di Toronto.

Leonard melakukan semua yang ia bisa. Ia merealisasikan definisi kasih yang terbaik dalam artian sebenarnya. Ia melakukan apa yang selama ini hanya bisa didambakan bintang-bintang Raptors seperti DeMar DeRozan, Vince Carter, dan Chris Bosh.

Sejak putaran pertama playoff, pemain kelahiran 29 Juni 1991 itu memang tampil mengesankan. Ia seolah mengangkut tim dengan pundaknya sendirian. Ia sensasional, setidaknya secara produktivitas poin.

Leonard sudah mengumpulkan 546 poin sepanjang pertandingan pascamusim reguler 2018-2019. Ia melewati pencapaian Jonas Valanciunas, sehingga bisa bertengger di peringat tiga sebagai pencetak poin terbanyak tim di playoff. Ia hanya kalah dari  Kyle Lowry (1143) dan DeMar DeRozan (1117).

Selama 2018-2019 ini, Leonard mencetak 11 kali 30+ poin dalam 18 pertandingan. Jumlah itu masih bisa bertambah mengingat ia akan tampil di Final NBA. Seandainya musim depan ia masih tampil bersama Raptors, ia bahkan berpotensi menggeser perolehan Lowry dan DeRozan.

Kendati demikian, sebelum waktu itu tiba, Leonard akan fokus dulu menghadapi Final NBA pertamanya bersama Raptors. Apalagi ini juga merupakan final perdana Raptors sepanjang sejarah keterlibatan mereka di NBA. Tim asal Toronto itu berharap bisa menghabisi Golden State Warriors. Hanya saja, Warriors bukan tim yang mudah digulingkan mengingat dominasi mereka selama lima tahun belakangan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar