IBL

Forwarda Golden State Warriors Draymond Green tidak seproduktif Stephen Curry dan Klay Thomson dalam mencetak poin. Namun, ia berguna sebagai fasilitator timnya. Green bahkan memimpin perolehan empat kategori statistik Warriors selama Final Wilayah Barat.

Green memperoleh rebound, asis, steal, dan blok terbanyak ketika melawan Portland Trail Blazers. Ia mencetak rata-rata 11,8 rebound dan 8,8 asis. Ia juga bertahan dengan baik, sehingga bisa mencetak 2,3 steal dan 2,8 blok per pertandingan. Green bahkan sempat melakukan lima blok di pertandingan kedua.

Dengan perolehan itu, forwarda bernomor punggung 23 itu semakin menegaskan peran vitalnya. Ia memang bukan mesin poin, tetapi teman-temannya bisa menang karena ia memfasilitasinya. Green bagai otak yang menggerakan permainan.

Kendati demikian, ia tidak sering tampil selama 40 menit di final wilayah. Ia hanya bermain selama pada pertandingan keempat. Kebetulan Warriors harus bermain sampai ke babak tambahan.

Selama itu pula, Green mempersulit permainan Blazers dengan kemampuan bertahannya. Apalagi ia memang terkenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di NBA. Green masuk ke jajaran NBA All-Defensive Second Team pada 2018-2019 ini.

Kini Warriors telah berhasil menyingkirkan Blazers 4-0. Mereka akan melaju ke Final NBA untuk kelima kalinya dalam lima tahun terakhir. Green akan  kembali menjadi tumpuan penting Warriors di final. (GNP)

Foto: NBA

Komentar