IBL

Rudy Gobert terkenal sebagai pemain bertahan terbaik di NBA. Ia selalu masuk ke jajaran All-Defensive First Team selama tiga musim terakhir. Senter Utah Jazz itu bahkan mendapatkan poin terbanyak dalam pemilihan All-Defensive First Team pada 2018-2019.

Gobert mendapat 196 poin musim ini. Ada 97 pemilih memasukkannya ke jajaran All-Defensive First Team. Sementara dua pemilih memasukkannya ke jajaran All-Defensive Second Team. Dengan perolehan itu, Gobert menyamai rekor Karl Malone dan Mark Eaton sebagai pemain Jazz bergelar All-Defensive First Team tiga kali.

Gobert memang tampil gemilang ketika bertahan musim ini. Ia memiliki defensive box plus-minus (5,0) terbaik di NBA. Ia berada di peringkat dua dalam defensive win shares (5,7) dan peringkat empat dalam defensive rating (100,4). Ia mampu mengadang 16,0 tembakan per pertandingan dengan jumlah blok mencapai 187. Dalam tiga musim terakhir, tidak ada pemain seproduktif Gobert dalam mengeblok bola (530).

"Selalu jadi suatu kehormatan. Saya tidak menerima ini begitu saja. Saya melihatnya sebagai hadiah atas apa yang kami lakukan sebagai tim. Semua itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan rekan-rekan setim dan staf pelatih," ujar Gobert tentang gelar barunya, per Eric Woodyard, Deseret News.

Selain Gobert, Paul George (Oklahoma City Thunder) dan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks) masuk ke jajaran yang sama. George mendapat 195 poin, sementara Antetokounmpo 193 poin. Marcus Smart (Boston Celtics) dan Eric Bledsoe kemudian mengikuti di belakangnya dengan masing-masing 145 dan 100 poin.

Gobert, George, dan Anteokounmpo bahkan tidak hanya masuk All-Defensive First Team. Ketiganya berpotensi menjadi pemain bertahan terbaik NBA 2018-2019. Gobert sudah meraih gelar itu musim sebelumnya. Jika mendapatkannya lagi, ia akan menjadi pemain bertahan terbaik NBA dua kali beruntun.

Sementara itu, di jajaran All-Defensive Second Team, nama-nama familiar muncul. Kawhi Leonard (, Joel Embiid, Draymond Green, dan Jrue Holiday ada di jajaran itu. Klay Thompson (Golden State Warriors) baru pertama kali muncul di jajaran pemain bertahan terbaik NBA. Ia masuk ke jajaran All-Defensive Second Team. (GNP)

Foto: NBA

Komentar