IBL

Sacramento Kings melakoni laga tandang melawan Utah Jazz dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Kings lalu menggulingkan Tuan Rumah dengan skor 119-110 di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Rabu 21 November 2018 waktu setempat. Senter Willie Cauley-Stein menjadi pencetak angka terbanyak Kings di pertandingan ini.

Cauley-Stein mencetak 23 poin dengan akurasi 73 persen. Nemanja Bjelica menambahkan 18 poin, juga dengan akurasi tinggi di angka 78 persen, termasuk 3 tripoin dari 3 percobaan. Pemain cadangan Bogdan Bogdanovic juga menyumbang 18 poin walau tampil dari bangku cadangan. Sementara itu, De’Aaron Fox (17), Iman Shumpert (12), Marvin Bagley III (11), dan Buddy Hield (10) sama-sama mencetak dobel digit angka untuk memenangkan pertandingan.

Di kubu Jazz, Donovan Mitchell mengumpulkan 35 poin. Rudy Gobert dobel-dobel 13 poin dan 15 rebound. Jae Crowder 16 poin dari bangku cadangan sementara starter Ricky Rubio dan Joe Ingles masing-masing 13 dan 12 poin. Namun, mereka gagal merebut satu kemenangan di hadapan penggemarnya sendiri. Kings memenangkan pertandingan karena tampil relatif konsisten sepanjang kuarter empat. Akurasi mereka juga lebih tinggi daripada Jazz. Kings memasukkan 52,8 persen tembakan sementara Jazz hanya 43,2.

Di awal pertandingan, Kings sudah meninggalkan Jazz 34-23. Kings berhasil menahan tembakan-tembakan tripoin Jazz, sehingga Tuan Rumah hanya bisa memasukkan 1 dari 8 percobaan. Sementara itu, Kings mampu mendulang 9 poin dari 3 tembakan di belakang busur meski sempat gagal 5 kali.

Jazz baru bisa membalas tamunya di kuarter dua dengan mencetak 31 poin. Mereka unggul lima poin karena Kings hanya mengumpulkan 26. Namun begitu, Kings tetap memimpin setelah akumulasi poin di paruh pertama menunjukkan skor 60-53.  

Di kuarter tiga, kedua tim seringkali berbalas poin. Jazz bahkan sempat menyamakan kedudukan 65-65 setelah Ingles melepaskan tripoinnya di ujung kanan serangan dengan sisa waktu 7:44. Kings lalu membalasnya sehingga skor berubah cepat selama sisa menit berikutnya. Klub asuhan Dave Joerger itu terus menjaga asa, tetapi hanya bisa unggul tipis 84-83 karena kecolongan ketika bel akhir kuarter tiga berbunyi. Saat itu, Derrick Favors, forwarda Jazz, mengambil bola pantul dan melepas tembakan tepat di bawah ring untuk mempersempit jarak.

Di awal kuarter empat, Kings langsung tancap gas dengan mencetak lima poin. Kepala Pelatih Quinn Snyder terpaksa mengambil jeda di menit 10:40 agar Jazz bisa mengatur ulang permainan mereka. Apalagi ini kesempatan terakhir mereka untuk menggulingkan Kings di Salt Lake City. Namun, upaya itu tidak juga membuahkan hasil karena Kings terus unggul, bahkan menjauh 97-87 di sisa 6:22.

Jazz terus menekan. Mereka berkali-kali menyerang pertahanan Kings, tetapi Sang Tamu tidak juga mengalah. Mereka terus menjaga asa, bahkan ketika waktu hanya tinggal 30 detik. Kings tengah unggul saat itu, tetapi terus menambah poin untuk menjauhi lawannya dan memenangkan pertandingan 119-110.

Dengan kemenangan itu, Kings kini merengkuh rekor 10-8. Mereka akan kembali bertanding di akhir pekan dengan melawat ke kandang Golden State Warriors. Sementara itu, Jazz harus menghadapi Los Angeles Lakers lusa di Staples Center. (GNP)  

Foto: NBA

Komentar