IBL

Utah Jazz melawat ke kandang Houston Rockets dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Jazz merebut kemenangan dari Tuan Rumah di hadapan penggemarnya sendiri di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu 24 Oktober 2018 waktu setempat. Donovan Mitchell, pemain tahun kedua, tampil gemilang dalam kemenangan 100-89 ini.

Mitchell, garda, 22 tahun, mencetak 38 poin, 7 asis, dan 5 rebound di pertandingan ini. Rudy Gobert di belakangnya dengan dobel-dobel 12 poin dan 13 rebound plus 3 blok dan 2 steal. Forwarda berkebangsaan Australia, Joe Ingles, kemudian menambahkan 11 poin dengan memasukkan 50 persen tripoinnya.

Di sisi lain, Rockets masih belum bisa memainkan Chris Paul yang dihukum. Namun, mereka masih memiliki pencetak angka terbanyaknya, James Harden, di pertandingan ini. Pemain dengan berewok tebal itu mencetak 29 poin, 7 asis, dan 5 rebound. Carmelo Anthony menunjukkan kebintangannya walau dari bangku cadangan dengan 22 poin dan 7 rebound. Clint Capela, senter, lalu menyumbang dobel-dobel 10 poin dan 12 rebound meski perolehan itu tidak membuahkan kemenangan.

Jazz bisa memenangkan pertandingan karena memanfaatkan serangan Rockets yang tidak tepat sasaran, terutama di kuarter dua. Pasukan Kepala Pelatih Quinn Snyder itu mengambil momentum untuk meninggalkan lawan 28-15 sehingga skor paruh pertama menjadi 52-44. Sejak saat itulah Jazz jadi sulit dikejar, terutama karena Mitchell dkk. tampil panas sementara Rockets harus kehilangan Harden yang mengalami cedera hamstring di akhir kuarter empat.

Kendati demikian, Rockets sebenarnya memimpin perolehan poin di kuarter satu dengan skor 29-24. Saat itu mereka melepaskan tembakan dari berbagai jarak, tetapi tripoin mereka tidak cukup efektif. Mereka hanya memasukkan 4 dari 13 tripoinnya.

Di kuarter dua, Jazz mengambil alih kepemimpinan skor (52-44). Mereka berhasil mengambil momentum dengan memanfaatkan tumpulnya serangan lawan. Tembakan tripoin Rockets di kuarter itu ternyata tidak juga membaik. Mereka hanya memasukkan 2 dari 7 tripoin dan kehilangan 9 kesempatan di area kunci.

Jazz kemudian mampu menjaga asa di kuarter tiga. Mereka unggul 75-66. Mitchell, Ingles, dan Gobert berhasil beberapa kali berhasil menahan serangan lawan. Sementara itu, Rockets mendapat tambahan energi dari Anthony yang menunjukkan kemampuannya mencetak angka. Forwarda senior itu sudah mencetak sedikitnya 14 poin di tiga kuarter.

Di kuarter empat, Jazz lagi-lagi unggul dalam perolehan poin (25-23). Mereka berhasil menjaga margin tetap lebar dengan memanfaatkan ketidakhadiran Harden di pengujung laga. Apalagi Eric Gordon—yang menggantikan Chris Paul sebagai starter—juga tidak bisa menggantikan Harden sebagai pencetak poin. Gordon tumpul dengan hanya memasukkan 1 dari 12 tripoin. Secara keseluruhan, persentase tripoin Rockets tertahan di angka 27,5 persen. Sementara itu, Mitchell justru meledak. Ia mengoleksi 30+ poin selama empat kuarter.

Jazz menang 100-89.

Jazz kini mengatungi 2 kemenangan dari 4 pertandingan. Selanjutnya, mereka akan menghadapi New Orleans Pelicans di akhir pekan sementara Rockets bertemu Los Angeles Clippers lagi lusa.    

Foto: NBA

Komentar