IBL

Utah Jazz melakoni lanjutan laga NBA berhadapan dengan Houston Rockets, Kamis malam, 6 Desember 2018, waktu setempat. Bertempat di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Jazz tampil dominan. Unggul hingga 35 poin di akhir kuarter tiga, Jazz melenggang mulus hingga akhir laga dan meraih kemenangan 118-91.

Pertahanan tak beraturan Rockets terutama di area bawah ring berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Jazz. Dari 118 total poin mereka, 70 di antaranya datang dari area bawah ring. Selain itu, pola serangan cepat (fastbreak) Jazz di laga ini cukup brilian. Tim asuhan Quinn Snyder ini mencetak 35 poin dengan skema serangan tersebut. Selain itu selisih 27 poin yang dicatatkan Jazz merupakan kemenangan dengan dengan selisih poin terbesar Jazz atas Rockets dalam 20 tahun terakhir.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua dalam dua laga terakhir Jazz. Dalam empat laga yang sudah dilalui di bulan Desember, Jazz berhasil memenangi tiga di antaranya. Hal ini merupakan peningkatan yang apik dibandingkan pencapaian mereka November lalu. Dalam empat laga awal di bulan November, Jazz tak sekalipun meraih kemenangan.

Di sisi lain, kemenangan ini semakin memanaskan persaingan peringkat 7-13 klasemen sementara Wilayah Barat yang hanya berselisih tiga kemenangan. Jazz kini bertengger di peringkat 12 dengan rekor menang-kalah (13-13). Peringkat tujuh,  Portland Trail Blazers, mengantongi rekor (14-11).

Sebaliknya untuk Rockets, kekalahan ini menjadi kekalahan kedua secara beruntun dan kekalahan keenam dalam delapan laga terakhir. Rockets makin terpuruk di tiga terbawah klasemen sementara Wilayah Barat usai hanya meraih 11 kemenangan dari 24 laga mereka.

Derrick Favors keluar sebagai top skor tim meski memulai laga dari bangku cadangan. Bermain selama 26 menit, ia membukukan dobel-dobel dengan 24 poin plus 10 rebound. Selain Favors, ada lima pemain lain yang mencetak dua digit angka. Joe Ingles mengemas 18 poin dan 6 rebound. Ricky Rubip menambahkan 13 poin dan 6 asis. Jae Crowder 12 poin plus 5 rebound sementara Dante Exum menambahkan 13 poin dan 5 asis. Ekpe Udoh melengkapi daftar dengan 11 poin plus 7 rebound.

Di kubu Rockets, Harden memimpin tim dengan “hanya” 15 ooin dan 6 rebound dengan akurasi di angka 31 persen. Chris Paul menambahkan 12 poin dan 5 asis sementara Clint Capela mengemas dobel-dobel, 12 poin plus 10 rebound. Nene Hilario dan Michael Carter-Williams melengkapi daftar dengan masing-masing mengemas 11 dan 13 poin.

Jazz akan memainkan laga selanjutnya dengan status tamu saat berkunjung ke markas San Antonio Spurs, lusa, waktu setempat. Setali tiga uang, Rockets masih akan berstatus tamu di laga selanjutnya dengan menyambangi kandang Dallas Mavericks di hari yang sama. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar