IBL

Rabu malam, 17 April 2019, waktu setempat, gim kedua putaran pertama playoff kembali mempertemukan Houston Rockets dan Utah Jazz. Tampil dominan dengan selalu unggul sejak tepis mula, Rockets melesat meninggalkan Jazz di sisa gim. Bahkan, di sisa tiga menit pertandingan, Rockets sudah menarik seluruh pemain utama mereka. Rockets menutup gim yang digelar di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat ini dengan kemenangan 118-98 membuat mereka unggul (2-0) dalam seri ini.

Akurasi tripoin dan pertahanan yang apik menjadi salah dua faktor utama Rockets memenangi gim ini. Tim asuhan Mike D’Antoni ini memasukkan 17 dari 42 tripoin mereka yang setara dengan 40 persen. Sementara Jazz hanya mampu memasukkan 8/38 tembakan (21 persen). Meski mendapatkan 15 offensive rebounds, pertahanan apik Rockets membuat Jazz hanya mampu mengkonversi statistik tersebut menjadi 16 poin saja.

James Harden masih setia menjadi penampil terbaik di seri ini. Bermain selama 33 menit, Harden mencatatkan tripel-dobel, 32 poin, 13 rebound, dan 10 asis dari 11/24 tembakan. Ini adalah tripel-dobel ketiga Harden sepanjang karirnya di babak playoff.

Menariknya, dalam wawancara usai gim, Harden masih belum puas karena ia mencetak terlalu banyak turnover. Di gim ini, ia membuat delapan kali turnover yang nyaris semuanya berasal dari umpan yang salah. Rockets sendiri total mengemas 18 turnover di gim ini.

Di belakang Harden ada Chris Paul yang membukukan 17 poin, 4 rebound, 3 asis, tapi membuat 6 turnover. P.J. Tucker dan Eric Gordon menjadi pelengkap daftar pencetak angka dengan digit ganda. Keduanya mengemas masing-masing 16 poin.

Dari kubu Jazz, lima pemain mencetak dua digit angka tapi tak satupun menyentuh angka 20. Ricky Rubio menjadi top skor tim dengan 17 poin, 4 rebound, 9 asis, dan 4 steal. Royce O’Neale yang memulai gim dari bangku cadangan menyusul dengan 17 poin dan 4 asis.

Derrick Favors dan Rudy Gobert sama-sama mengemas dobel-dobel. Favors membukukan 14 poin dan 12 rebound sementara Gobert 11 poin plus 12 rebound. Donovan Mitchell melengkapi daftar ini dengan 11 poin dan 6 asis dari 5/19 tembakan (26 persen).

Gim ketiga dan keempat akan digelar di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, markas Jazz. Gim ketiga akan dimulai pada Minggu pagi, waktu Indonesia. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar