IBL

Philadelphia 76ers tersingkir dari Playoff NBA musim ini, setelah kalah 90-92 atas Toronto Raptors, Minggu malam, 12 Mei, waktu Amerika Serikat. Kekalahan menyakitkan tersebut disebabkan oleh Kawhi Leonard. Tidak saja mencetak rekor di playoff, Kawhi juga mencetak poin kemenangan atau buzzer beater. Raptors menang 4-3 dan melaju ke Final Wilayah Timur dan akan bertemu Milwaukee Bucks.

Drama malam ini berakhir setelah Kawhi mencetak dua poin di sisa kurang dari empat detik. Sebelumnya, Sixers mampu menyamakan kedudukan menjadi 90-90 lewat lay-up Jimmy Butler. Kawhi menerima bola dari Marc Gasol. Ia dijaga oleh Ben Simmons dan Joel Embiid. Sebelum waktu habis, Kawhi melepaskan tembakan yang gagal dihalau Embiid.

Bola itu tidak langsung masuk. Namun sempat memantul di ring empat kali sebelum masuk ke keranjang. Penonton yang hadir di Scotiabank Arena sempat terdiam sejenak, lalu bersorak karena bola tersebut masuk. 

Joel Embiid tampak menangis di lapangan. Ia lantas dihampiri oleh Marc Gasol, yang memberinya semangat. Pemandangan berbeda di kubu Raptors. Kawhi dikerumuni banyak orang yang memberinya ucapan selamat. Drama tujuh laga Semifinal Wilayah Timur pun berakhir.

Kawhi mencetak 41 poin, 8 rebound, 3 steal di gim ketujuh tersebut. Ini sekaligus mematahkan rekor poin dalam satu pertandingan playoff yang sebelumnya dicetak oleh LeBron James pada tahun 2018. Ia juga mencetak rekor total poin dalam satu seri playoff. Kawhi mencetak 243 poin di tujuh laga Raptors melawan Sixers, atau di ronde kedua playoff. Rekor tertinggi masih dipegang oleh Michael Jordan yang mencetak 246 poin di tahun 1993.

Performa menawan Kawhi juga membuat Raptors mencatatkan rekor persentase tembakan terbaik di playoff NBA dengan 44,6 persen. Selain itu, Raptors mengalahkan Sixers di sisi offensive rebound dengan keunggulan 16-5.

Selain Kawhi, Serge Ibaka menyumbang 17 poin, Pascal Siakam 11 poin dan 11 rebound, serta Kyle Lowry menambahkan 10 poin. Di kubu Sixers, Joel Embiid mencetak 21 poin dan 11 rebound, JJ Reddick 17 poin, Jimmy Butler 16 poin, Tobias Harris 15 poin dan 10 rebound, dan Ben Simmons 13 poin.

Raptors melaju ke Final Wilayah Timur untuk kedua kalinya dalam serjarah NBA. Mereka akan berhadapan dengan Milwaukee Bucks, yang sudah lolos setelah mengalahkan Boston Celtics, 4-1. (tor)

Foto: nba.com

Komentar