IBL

Enes Kanter masih berjuang di semifinal Wilayah Barat bersama Portland Trail Blazers. Di tengah perjuangan itu, ia juga berusaha untuk menunaikan keyakinannya. Sebagai seorang muslim, Kanter berpuasa selama Ramadan meski harus berlatih dan bertanding.

Sebelum Ramadan tiba, Kanter sempat berdiskusi dengan legenda NBA Hakeem Olajuwon. Ia meminta nasihat tentang cara bersaing di tingkat tinggi sambil tetap berpuasa. Apalagi Kanter memang harus tampil di playoff. Blazers kehilangan senter utama Jusuf Nurkic. Kepala Pelatih Terry Stotts kini mengandalkan Kanter untuk mengisi kekosongan Nurkic.   

“Saya mengirim pesan kepada Hakeem. Saya bertemu dengannya sekitar dua tahun lalu dan saya tahu apa yang ia lakukan pada 1995, ketika ia mendapat gelar MVP di playoff. Saya mengirim pesan kepadanya, ‘Hei, bagaimana kamu berpuasa ketika playoff dan bisa bermain di tingkat setinggi itu?” ujar Kanter seperti dikutip ESPN.

“Ia memberi saya beberapa saran. Ia memberi tahu apa yang ia makan, kapan ia bangun, seberapa banyak air yang ia minum dan lainnya.”

Ramadan di Amerika Serikat sudah dimulai pada 5 Mei lalu. Puasa akan berlanjut sampai 4 Juni nanti. Sejak itu, Kanter terus berpuasa. Ia tidak makan, minum, dan mengonsumsi obat. Padahal ia mesti latihan dan bermain dengan kondisi cedera bahu yang belum pulih benar.

Kanter kemudian berdiskusi dengan pelatihnya. Ia menjelaskan keyakinannya tentang berpuasa kepada Stotts. Menurut Kanter, pelatihnya itu juga mengerti. Ia sangat hormat dengan keputusannya.

“Saya mendapat banyak dukungan dari rekan-rekan setim, para pelatih, dan semua orang di liga,” kata Kanter kepada NBC Sports.

Pada pertandingan kelima hari ini pun Kanter terus menjaga puasanya. Ia bangun pagi sekali untuk menyantap makanannya. Ia melakukan itu supaya tidak kekurangan energi di siang hari.

Untungnya, pertandingan dimulai menjelang malam. Blazers bertanding pukul 8:30 petang. Kanter bisa berbuka puasa sebelum bermain.

“Saya minum obat pada pukul empat pagi dan akan minum obat lagi sebelum pertandingan. Sebab, saya bisa berbuka sebelum pertandingan. Saya akan baik-baik saja,” tegas Kanter.

Sayangnya, Blazers gagal mencuri kemenangan di Denver hari ini. Mereka kalah 98-124. Kedudukan 2-3. Blazers masih punya kesempatan untuk mengimbangi lawan.

Pertandingan keenam berlangsung lusa di Portland. (GNP)

Foto: NBA

Komentar