IBL

Permainan bola basket dengan tripoinnya belakangan tidak lagi menjadi hal baru. Tripoin justru menjelma semacam kemampuan wajib bagi pemain-pemain bintang. Tiga pemain bintang dalam pertandingan semifinal Wilayah Barat antara Houston Rockets dan Golden State Warriors bahkan menunjukkannya.

James Harden, Klay Thompson, dan Kevin Durant mencetak rekor baru di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu 4 Mei 2019 waktu setempat. Mereka naik peringkat dalam daftar pencetak tripoin di playoff.

Harden naik ke peringkat 13 dalam daftar pencetak tripoin itu. Ia menggeser Robert Horry yang mencetak 261 tripoin selama kariernya di pertandingan pascamusim reguler. Harden mengumpulkan lima tripoin di pertandingan terakhirnya sehingga kini sudah mencetak 263 tripoin.

Harden finis dengan 41 poin, 9 rebound, dan 6 asis. Rockets menang 126-121. Mereka akhirnya berhasil mencuri satu kemenangan setelah kalah dua kali beruntun dari Warriors.

Dengan kemampuannya, Si Berewok berpotensi masuk ke 10 besar. Ia membutuhkan 22 tripoin lagi untuk menyamai rekor Derek Fisher di urutan 10.

Thompson, di sisi lain, berhasil menggeser Manu Ginobili (324) di peringkat empat.  Thompson sudah mengumpulkan 326 tripoin selama kariernya di playoff. Ia memang terkenal sebagai penembak jitu elit sehingga bisa melakukan itu.

Thompson bahkan berpotensi masuk ke tiga besar.

Sementara itu, Durant menggeser Kobe Bryant (291) di peringkat tujuh. Ia telah mengumpulkan 297 tripoin selama kariernya di playoff. Durant juga berpotensi masuk ke lima dan atau tiga besar.

Selain itu, di pertandingan yang sama, Durant berhasil masuk ke jajaran 10 besar pencetak poin terbanyak di playoff. Ia melewati pencapaian Dwyane Wade yang mencetak 3954 poin di pertandingan pascamusim reguler. Durant mencetak 3976. Angka itu bisa bertambah mengingat ia masih akan bermain di playoff melawan Rockets.

Pertandingan keempat berlangsung lusa di Houston. Warriors tengah unggul 2-1. Mereka membutuhkan dua kemenangan lagi untuk melaju ke final wilayah. (GNP)

Foto: NBA

Komentar