IBL

Tanago Friesian Jakarta menang 58-47 atas GMC Cirebon, di GOR Sahabat, Sabtu, 6 April 2019. Kemenangan tersebut menjadi penutup manis bagi Tanago untuk musim reguler Piala Srikandi 2018-2019. Namun hasil ini tidak berpengaruh pada peringkat mereka di klasemen. Tanago tetap ada di posisi ketiga di bawah Sahabat Semarang.

Leonita Angela dan Christine Tjundawan mencetak poin terbanyak untuk Tanago. Leonita dengan sumbangan 14 poin, dan Christine menambah 10 poin. Di tim GMC, ada Christie Rumambi yang bisa mencetak 15 poin dan 10 rebound.

Tanago gagal mempertahankan peringkat dua klasemen akhir. Sebab, mereka kalah oleh Sahabat Semarang, dua hari sebelumnya. Tanago dan Sahabat punya peluang yang sama. Namun Tanago kalah dua kali di Semarang yang membuat peringkat mereka turun.

"Saya memberikan nilai enam untuk penampilan tim Tanago di seri ini. Tanago menurun di seri ini. Akurasi tembakan buruk di dua pertandingan awal. Bisa dikatakan kami terpeleset di seri ini. Tapi untuk playoff, kami ingin Final Four. Syaratnya, mental kami harus lebih baik lagi," ujar Abrizalt Hasiholan, kepala pelatih Tanago Friesian.

Pertandingan berjalan ketat. Kedua tim sama kuat, 12-12, di kuarter pertama. Kemudian di kuarter kedua, kembali terjadi kedudukan sama kuat, 27-27. Tanago pun bangkit di paruh kedua. Tanago unggul 31-20 yang membawa mereka merebut kemenangan.

“Kita bersyukur dengan kondisi para pemain yang tidak lengkap kita bisa lewati seri 3 ini dengan tidak ada yang cedera. Anak-anak sebenarnya sudah ada kemajuan disetiap pertandingan, tapi mungkin masalah fisik masih menjadi kendala dan juga latihan kami suka tidak komplit. Untuk defense sudah ada kemajuan dan cukup bagus, tapi saat menyerang kadang mereka masih belum konsisten, yah kembali kemasalah fisik. Menjelang playoffs yang relatof singkat, saya harap mereka bisa berkumpul dan latihan bersama, “komentar Wahyu Gunarto, asisten pelatih sekaligus pemilik klub GMC Cirebon.

Format playoff Piala Srikandi memungkinkan Tanago dan GMC akan bertemu di babak penyisihan awal. Sebab kedua tim berada di peringkat tiga hingga enam. Artinya mereka ada di Grup B. Sedangkan yang masuk Grup A adalah tim yang menempati peringkat satu, dua, dan tujuh. Playoff Piala Srikandi 2018-2019 akan berlangsung di Yogyakarta, pada 27 April 2019 mendatang. (tor)

Foto: Mei Linda

Komentar