IBL

Ungkapan basket atau olahraga lebih dari sekadar permainan memang benar adanya. Berkali-kali kita disuguhi berita-berita mengenai betapa besarnya sebuah olahraga termasuk basket itu sendiri. Di basket, LeBron James pernah menggemparkan dunia dengan keputusannya berjuang di dunai pendidikan. Ia mendirikan I Promise School, sekolah untuk anak-anak yang dalam risiko tinggi kehilangan pendidikan.

Kemudian ada beberapa pemain lain yang mendirikan beragam yayasan untuk membantu sesamanya. Stephen Curry, Derrick Rose, hingga pemain tahun kedua Utah Jazz, Donovan Mitchell masuk dalam daftar pemain yang membuat yayasan untuk membantu sesamanya.

Terbaru, kabar datang dari garda Brooklyn Nets, Allen Crabbe. Pemain yang masuk ke NBA setelah dipilih oleh Portland Trail Blazers pada NBA Draft 2013 tersebut baru saja menyelamatkan almamaternya. Ya, Crabbe baru saja memberikan donasi untuk sekolahnya di masa SMA, Frederick K.C. Price III Christian School  yang terletak di Los Angeles.

Sebenarnya, sekolah ini didirikan oleh keluarga Crabbe sendiri, lebih tepatnya Sang Kakek. Namun, seiring berjalannya waktu, sekolah kekurangan dana dan hampir saja ditutup karena sudah tak mampu mendanai operasional. Dilansir The New York Post, Crabbe membuat donasi sebesar enam digit.

“Keluarga dan para pekerja di sana memberikan dedikasi tinggi dan kerja keras selama bertahun-tahun untuk membangun sekolah tersebut,” ungkapnya. “Paman, sepupu, hingga keponakan saya bersekolah dan memiliki kenangan di sana. Saya yang sekarang dalam kondisi sangat baik secara finansial melihat keadaan ini dan langsung memutuskan untuk turut membantu. Anda tentu tidak ingin melihat hasil kerja keras dan dedikasi keluarga Anda hancur apalagi jika Anda memiliki kesempatan untuk menjaganya. Keluarga menjaga keluarga,” tutup Crabbe.

Dari sumber yang sama, donasi yang dibuat Crabbe akan menyelematkan 35 pekerja sekolah tersebut. Atas semua perbuatan baiknya, pihak sekolah memberi apresisasi dengan menggunakan namanya sebagai nama lapangan basket sekolah tersebut.

Apa yang dilakukan Crabbe adalah sebagian kecil dari betapa besarnya olahraga dalam hal ini basket dapat mempengaruhi aspek kehidupan lainnya. Semoga di masa mendatang, basket dan olahraga bisa membawa lebih banyak lagi kebaikan untuk kehidupan ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar