IBL

Garda Brooklyn Nets, Allen Crabbe, memutuskan untuk bertahan dengan Brooklyn Nets musim depan. Hal tersebut disampaikan oleh ESPN melalui salah satu kontributornya, Adrian Wojnarowski. Kontrak Allen tersisa satu musim, tapi ia berhak berhak memilih karena adanya keterangan player option. Allen mengambil pilihan untuk bertahan dan akan menjadi unrestricted free agent pada musim 2020-2021.

Keputusan ini akan membuat mantan pemain Portland Trail Blazers ini mendapatkan gaji AS$18,5 juta musim depan. Jumlah tersebut bisa dibilang cukup besar untuk pemain sekaliber Allen. Jumlah besar tersebut ia dapatkan lantaran kejadian di bursa pemain bebas 2016-2017.

Kala itu, Allen menyandang status restricted free agent usai menjalani musim sempurna bersama Blazers. Ia tercatat sebagai penembak paling jitu kedua di NBA dengan akursi tripoin mencapai 44,8 persen. Melihat hal tersebut, Nets berusaha menawar Allen dengan nilai yang tak masuk akal, AS$74,8 juta selama empat tahun.

(Baca juga: Mempelajari Beberapa Istilah Dalam Pasar Pemain Bebas)

Dua hari berselang, Blazers ternyata menyamai tawaran Nets yang membuat Allen bertahan dengan tim di musim itu. Semusim berselang, Nets akhirnya mendatangkan Allen usai mengirimkan Andrew Nicholson ke Blazers. Hasilnya, sisa kontrak Allen terus terbawa hingga kini.

Keputusan Allen sudah diprediksi banyak pihak lantaran ia sebenarnya tidak punya hal yang bisa ditawarkan kepada tim-tim lainnya. Meski Nets bermain apik dan mengejutkan pecinta NBA musim ini, Allen bisa dibilang tidak ambil peran. Ia bahkan tercatat hanya bermain selama 43 kali dengan sumbangsih 9,6 poin, 3,4 rebound, dan 1,1 asis. Akurasi keseluruhan di angka 37 persen sementara dari tripoin akurasinya 38 persen.

Kecilnya jumlah pertandingan pemain berusia 27 tahun tersebut bukannya tanpa sebab. Allen terkena beberapa cedera mulai dari yang ringan hiingga parah yang mengharuskannya menepi nyaris separuh musim. Di awal musim, saat masih pemusatan latihan, ia terkena cedera engkel. Di tengah musim, ia bermasalah dengan lutut yang secara konsisten menganggunya bermain.

Musim depan akan menjadi musim pertaruhan untuk Allen. Jika ia mampu kembali ke performanya dua musim lalu, bukan tidak mungkin tawaran dengan nilai setidaknya menyamai kontraknya sekarang akan datang. Namun, jika ia terus bermain seperti dua musim belakangan, bisa bertahan di NBA pun mungkin menjadi keajaiban untuknya.

Di sisi lain bagi Nets, nilai kontrak besar Allen ini dapat membuat mereka terhambat untuk mendatangkan bintang baru. Belum lagi mereka juga sedang berupaya mempertahankan D’Angelo Russell dalam jangka waktu lama. Mungkin, Nets akan menukar Allen dengan hak memilih jika mereka sangat butuh melonggarkan ruang gaji mereka. (DRMK)

Foto: NBA