IBL

Salah satu nama yang paling gencar disebut jelang pembukaan pasar pemain bebas NBA adalah pemain Boston Celtics, Kyrie Irving. Kyrie baru saja melewati musim keempatnya dari kontrak lima tahun yang ia setujui kala masih bermain untuk Cleveland Cavaliers. Oleh karena itu, kini ia harus menentukan apakah ia akan mengambil opsi pemain (player option) atau tidak.

Rabu malam, waktu setempat, The Athletic datang dengan kabar mengenai masa depan Kyrie. Melalui salah satu kontributor mereka, Shams Charania, Kyrie dipastikan tidak mengambil opsi pemain tersebut. Hal itu membuatnya kini resmi menyandang status sebagai unrestricted free agent.

Status ini tak serta-merta membuat Kyrie pasti keluar dari Celtics. Dengan status ini, Kyrie justru bisa saja bertahan dengan Celtics dalam waktu yang lama dan kesepakatan yang lebih besar dan menguntungkan. Namun, semua drama yang terjadi sepanjang  musim ini antara dirinya dan personel Celtics rasanya sulit membuatnya bertahan.

Sedikit mengingatkan, Kyrie dianggap banyak pihak menjadi biang kekalahan Celtics di semifinal Wilayah Timur melawan Milwaukee Bucks. Dalam beberapa kesempatan, ia terlihat cukup merusak permainan Celtics, terutama selepas gim pertama. Lalu, hal semakin diperburuk tentang berbagai cerita mengenai jiwa kepemimpinannya di antara deretan pemain muda yang dimiliki oleh Celtics.

Di sisi lain, status ini juga semakin menambah kencang rumor yang menyebutkannya akan segera merapat ke Brooklyn Nets. Belum lagi, pemain yang dikenal dengan julukan Uncle Drew ini juga baru saja memutus kerja sama dengan agennya, Jeff Wechsler dan bergabung dengan agensi pemain Roc Nation Sports.

Roc Nation Sports bukanlah agensi pemain sembarangan. Agensi ini dimiliki dan dibentuk oleh penyanyi rap ternama, Jay-Z. Selain Kyrie, nama-nama pemain seperti Jeremy Lin, Trey Burke, Rudy Gay, Danny Green, hingga Kevin Durant juga bernaung di bawa Roc Nation Sports. Menariknya, Jay-Z sendiri sempat berstatus sebagai pemilik saham minoritas dari Nets. Satu hal yang semakin memperbesar spekulasi kepindahan Kyrie.

Meski tersandung banyak permasalahan musim ini, Kyrie masih membukukan catatan statistik yang baik. Bermain di 67 gim musim reguler, pemain berusia 27 tahun ini mengemas 23,8 poin, 5,0 rebound, 6,9 asis, dan 1,5 steal per gim. Selain catatan poin, rataan Kyrie musim ini merupakan yang tertinggi sepanjang karirnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar