IBL

Andrew Bogut, senter, sudah menandatangani kerja sama dengan Golden State Warriors sekitar dua minggu lalu. Namun, ia tidak bisa langsung bermain bersama Warriors karena masalah visa. Kesempatan itu baru akan datang besok ketika Warriors menghadapi San Antonio Spurs di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerikat Serikat, Senin 18 Maret 2019 waktu setempat.

Bogut akan debut kembali bersama Warriors setelah DeMarcus Cousins mengalami cedera. Cousins mesti melakukan MRI untuk memeriksa nyeri pada kakinya. Akibatnya, Warriors mengubah rencana dengan memasukkan Bogut yang sudah selesai dengan masalah visa. Senter berkebangsaan Australia itu pun terbang dari Oakland ke San Antonio untuk menyambut hari baru dengan tim lamanya.

Bogut memang sempat membela Warriors pada 2012-2016. Ia bahkan ikut mengantarkan Warriors juara pada 2015. Setelah itu, ia hijrah ke Dallas Mavericks, Cleveland Cavaliers, dan Los Angeles Lakers sebelum pulang ke negara untuk membela Sidney Kings.

Senter setinggi 213 sentimeter itu kemudian berlaga di NBL Australia selama semusim. Ia mencetak rata-rata 11,6 poin dan 11,7 rebound, plus gelar pemain terbaik dan pemain bertahan terbaik 2018-2019. Ia sebenarnya menyisakan kontrak satu musim lagi dengan Kings. Namun, melepas kontraknya ketika mendapat tawaran bermain kembali dari Warriors.

Selama bermain di NBA, Bogut cukup memberi pengaruh dalam pertahanan untuk timnya. Di musim terakhir, misalnya, ia memiliki rata-rata tingkat pertahanan mencapai 98,3. Kepala Pelatih Steve Kerr memboyongnya kembali ke Warriors untuk membantu tim dalam hal itu.

Bogut akan membuktikan dirinya besok. Sebagai seorang pemain yang baru merengkuh gelar pemain terbaik dan pemain bertahan terbaik NBL, performanya tengah berada di atas. Namun, NBA tentu saja berbeda dengan NBL. Bogut mesti bersaing dengan pemain sekelas LaMarcus Aldridge nanti. Senter Spurs itu tidak akan membiarkan Bogut tampil gemilang di pertandingan debutnya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar