IBL

Liga 3X3 Amerika Serikat buatan selebritas Ice Cube, BIG3, terus memperbesar daya tarik mereka. Selain menambah kota dan jumlah tim dari musim ke musim, BIG3 juga semakin menarik minat pemain-pemain non-NBA untuk turut serta berkompetisi di liga ini. Untuk musim depan, BIG3 akan digelar di 10 kota dengan 12 tim peserta. Pintu pendaftaran pemain sendiri dilansir oleh situs resmi liga akan terus dibuka hingga 19 Maret 2019, waktu setempat.

Nama baru pertama yang diumumkan oleh BIG3 dalam akun instagram resmi mereka adalah juara NBA satu kali, Kendrick Perkins. Perkins tercatat meraih gelar juara bersama Boston Celtics, lalu berpindah ke Oklahoma City Thunder, dan mengakhiri karirnya bersama Cleveland Cavaliers. Meski tak cukup kentara perannya dalam menyerang, Perkins adalah salah satu bigman dengan pertahanan yang cukup baik saat aktif bermain.

Lalu ada nama legenda Golden State Warriors dan Washington Wizards, Gilbert Arenas. Arenas yang menepi dari NBA lantaran cedera sejak 2012 memiliki karir yang menarik. Meski tak pernah meraih gelar juara dan masuk ke NBA sebagai pilihan ke-31 NBA Draft, namanya cukup melegenda. Ia tiga kali terpilih bermain di laga All-Star dan pernah meraih gelar Most Improved Player pada 2003.

Arenas yang semasa bermain terkenal dengan sebutan Agent Zero ini memiliki “amunisi” menyerang yang luar biasa. Kemampuan lantun bola apik, terobosan yang bertenaga, hingga tembakan dari jarak yang cukup jauh ada dalam “gudang persenjataannya.” Bermain di BIG3 yang memiliki aturan empat poin (titik yang lebih jauh dari tripoin) dirasa akan sangat cocok dengan gaya bermain Arenas.

Joe Johnson menjadi nama mantan pemain NBA terbaru yang masuk dalam daftar. Pengumumannya bahkan baru keluar pada Kamis, 14 Maret 2019, waktu setempat. Serupa dengan Arenas, meski tak pernah menjadi juara NBA, Johnson tercatat tujuh kali bermain di laga All Star. Bahkan, kemampuannya dalam bermain satu lawan satu (isolation) yang tidak terhentikan membuatnya mendapat julukan Iso Joe.

Tidak hanya nama-nama mantan pemain NBA, pemain-pemain yang memiliki karir di luar Amerika Serikat pun masuk dalam daftar. Juara dunia FIBA 3X3 asal tim Novi Sad, Serbia, Dusan Bulut, bisa dibilang menjadi kejutan terbesar di dalam daftar draft BIG3 musim ini. Nama Bulut memang sangat identik dengan dunia 3X3, terutama di acara-acara FIBA. Beberapa pihak bahkan tak sungkan menyebutnya sebagai Michael Jordannya basket 3X3.

Namun, perlu diketahui, BIG3 memang memiliki aturan-aturan yang berbeda dengan aturan FIBA 3X3. Salah satunya sudah disebutkan di atas, yakni tembakan empat poin. Menarik menunggu bagaimana Bulut (jika terpilih) beradaptasi dengan aturan-aturan baru nanti.

Mike Taylor, yang sempat memperkuat Zhuhai Wolf Warriors di ASEAN Basketball League (ABL) dan sempat berbincang dengan kami juga masuk daftar. Senter flamboyan yang musim lalu membela Indiana Pacers, Al Jefferson juga ada. Franklin Session  atau yang lebih dikenal sebagai Frank Nitty, MVP liga musim panas Amerika Serikat, Drew League, juga ingin berkompetisi di liga ini.(DRMK)

Foto: Dokumentasi Mainbasket, NBA, Mei Linda, Alexander Anggriawan

 

Komentar