IBL

BIG3, liga basket 3X3 Amerika Serikat yang digagas pesohor  Holywood, Ice Cube, bersiap memasuki musim 2019. Setelah mengumumkan deretan nama yang masuk dalam daftar pemain yang siap dipilih dalam draft secara  berkala sejak  dua bulan lalu, BIG3 lantas menggelar draft combine pada 30 April 2019.

Dua hari berselang setelah draft combine, BIG3 masuk ke agenda penting selanjutnya yakni BIG3 Draft. 132 nama masuk dalam daftar dan memperebutkan hanya 31 tempat. Slot 31 pemain tersebut dibagi dalam tiga babak dan akan dipilih oleh 12 tim perserta.

Tepat beberapa waktu sebelum draft dimulai, salah satu tim terbaru BIG3, Enemies, memberi pengumuman terbaru. Legenda Los Angeles Lakers yang sempat bermain untuk tim Filipinas, Lamar Odom, mereka dapuk sebagai wakil kapten. Beberapa bulan lalu, tim ini juga sudah memastikan Gilbert Arenas sebagai kapten mereka.

Enemies mendapatkan hak memilih pertama di putaran pertama. Hak tersebut mereka gunakan untuk memilih mantan pemain Houston Rockets, Royce White. Royce tercatat terakhir kali membela klub Canada yang berlaga di NBL, London Lightning. Lightning adalah tim yang diperkuat garda BTN CLS Knights Indonesia, Douglas Herring Jr., sebelum memutuskan bergabung ke CLS Knights, kisaran Februari lalu.

Selain Royce White, nama besar NBA lain yang terpilih di putaran pertama adalah Larry Sanders dan Greg Oden. Sanders pernah dilabeli sebagai salah satu bloker terbaik di NBA kala masih membela Milwaukee Bucks. Sayangnya, kala itu ia sedikit mengalami masalah kesehatan mental yang sempat membuatnya berhenti dari dunia basket.

Untuk Oden, reputasinya di NBA tidak cukup bagus. Dikenang sebagai pemain yang dipilih sebelum Kevin Durant, Oden yang berstatus pilihan pertama NBA Draft 2009 gagal memenuhi ekspektasi. Ia mengalami rentetan cedera terutama di area lutut yang membuatnya gagal mengembangkan karir bersama Portland Trail Blazers hingga Miami Heat.

Di putaran kedua, nama paling familiar adalah Jason Richardson. Mantan pemain Golden State Warriors yang tersohor sebagai salah satu dunker terbaik di NBA. Pemain yang mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu tersebut dipilih oleh Tri-State Company.

Mario Chalmers, salah satu rekan LeBron James kala Heat meraih dua gelar juara beruntun terpilih di putaran ketiga oleh 3 Headed Monsters. Chalmers yang dalam beberapa musim terakhir bermain di Memphis Grizzlies menghabiskan beberapa waktu di Italia sebelum draft ini. Ia bermain untuk Virtus Bologna.

Selain Chalmers, di putaran ketiga ini, jagoan FIBA 3X3 asal Serbia, Dusan Bulut juga terpilih. Dusan dipilih oleh Ball Hogs di urutan kelima. Dusan datang ke malam draft ini usai mendaptkan gelar Most Spectacular Player (MSP) dalam gelaran FIBA 3X3 World Tour Masters yang digelar di Doha, Qatar, beberapa waktu lalu.

Usai seluruh rangkaian draft berakhir, Ice Cube lantas mengumumkan jadwal gelaran BIG3. Kota pertama yang akan mereka kunjungi adalah Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada 22 Juni mendatang. Rencananya, BIG3 akan berlangsung hingga 1 September dan semua pertandingannya akan digelar di CBS Network Sports. (DRMK)

Foto: BIG3

 

Komentar