IBL

BIG3 kembali menghadirkan kabar terbaru kepada khalayak umum. Kali ini bukan tentang pemain baru atau tim baru yang akan bergabung. Kali ini BIG3 datang dengan kabar perpecahan di jajaran petinggi mereka.

Terbentuk setahun lalu, BIG3 baru saja memecat komisioner mereka yang sekaligus mantan pemain NBA, Roger Mason Jr. Ia diduga melakukan penyalahgunaan wewenang untuk keuntungan pribadi alias korupsi. Dilansir TMZ Reports, korupsi Mason juga melibatkan dua investor asal Qatar.

Dua investor bernama Ayman Sabi dan Ahmed Al-Rumaihi dituding melakukan penipuan tentang sejumlah investasi mereka dalam liga. Mason menolak bekerja sama dengan liga untuk menuntut kedua investor tersebut karena ketiganya punya hubungan baik. Bahkan, masih dilansir TMZ Reports, Mason adalah pihak yang membawa keduanya masuk ke BIG3.

BIG3 mengaku memiliki bukti kuat bahwa dua investor tersebut tidak menjalankan kerja sama yang semestinya. Keduanya malah memberikan sejumlah hadiah bagi beberapa oknum petinggi BIG3, termasuk, Mason untuk menutupi penipuan tersebut.

Mason tidak serta merta menerima tuduhan itu. Kepada The Washington Post, Mason menduga bahwa apa yang dilakukan BIG3 adalah upaya balas dendam atas tindakannya menuntut liga tentang pelanggaran perjanjian kerja. “BIG3 memecat saya sebagai balasan atas surat resmi yang dikirimkan oleh pengacara saya terkait perjanjian kerja saya yang telah mereka langgar,” ungkapnya.

“Pelanggaran kerja yang terjadi terhadap saya berhubungan dengan salah satu pendiri BIG3, Jeff Kwatinetz. Ia telah melakukan beberapa bentuk pencemaran nama baik dan penghinaan dengan menyerang integritas saya dalam melaksanakan tugas-tugas saya sebagai komisioner,” imbuhnya.

“Lingkungan kerja BIG3 juga semakin memburuk dengan banyaknya permusuhan dan isu rasial. Hal tersebut membuat beberapa personel meninggalkan pekerjaan ini. Beberapa di antara mereka berbicara kepada saya bahwa Kwatinetz sering menggunakan kata rasis dalam menyebut para pemain kulit hitam. Ia menyebut mereka dengan “atlet negro kaya” (rich nigg*rs),” tutup Mason kepada The Washington Post.

Di sisi lain, Mason juga tetap bangga atas apa yang sudah ia kerjakan setahun belakangan dengan BIG3. Kecewa dengan dewan eksekutif lainnya, ia mengungkapkan tidak akan berhenti menuntut BIG3 atas pelanggaran perjanjian kerjanya.

Untuk sementara, pendiri sekaligus bintang Hollywood, Ice Cube, akan mengambil alih tugas komisioner BIG3. BIG3 sendiri akan dimulai pada 22 JUni 2018 mendatang dengan Houston sebagai kota penyelenggara pertama liga 3x3 ini.

Foto:  clutchpoints, indilens.net

Komentar