IBL

Kabar duka datang menghampiri liga 3X3 buatan bintang Hollywood, Ice Cube, BIG3. Salah satu pemain mereka, Andre Emmett, dikabarkan meninggal dunia, Senin pagi, 23 September 2019, waktu setempat. Berita duka ini pertama kali dikabarkan oleh The Athletic. Sumber yang sama menyebutkan penyebab meninggalnya Andre adalah tembakan senjata api.

Berita ini lantas dikonfirmasi oleh USA Today yang menjelaskan bahwa memang betul ada penembakan yang memakan korban bernama Andre Emmett. Penembakan ini terjadi di Dallas, Texas, Amerika Serikat, yang juga merupakan kota asal dan tempat tinggal Andre. Andre meninggal di usia 37 tahun.

Belum ada keterangan lebih detail mengenai penembakan ini. Namun, beberapa sumber menyebut bahwa Andre sedang melakukan latihan di salah satu lapangan di Dallas. Penembakan itu terjadi setelah latihan dan masih di sekitar area gedung basket.

Semasa hidup, Andre adalah bintang basket di level kampu bersama Texas Tech University. Ia menghabiskan empat tahun di sana dan di tahun terakhirnya, ia tampil gemilang dengan mengemas 20,6 poin plus 6,6 rebound per gim.

Catatan statistik tersebut membuatnya terpilih di urutan ke-35 NBA Draft 2004 oleh Seattle Supersonics (sekarang Oklahoma City Thunder). Namun, Andre tak pernah bermain untuk Sonics. Ia langsung ditukar di malam draft ke Memphis Grizzlies. Ia mencatatkan delapan penampilan bersama Grizzlies di musim itu.

Setelahnya, Andre kesulitan mendapatkan tempat di NBA. Ia menghabskan waktu bermain di NBA D-League (sekarang NBA G League) dan liga-liga di luar Amerika Serikat (Eropa dan Asia). Ia sempat kembali ke NBA melalui kontrak 10 hari pada musim 2011-2012 bersam New Jersey Nets (sekarang Brooklyn Nets). Namun, ia hanya bermain enam kali dan tak lagi bermain di NBA hingga sekarang.

Saat Ice Cube mendirikan BIG3 pada 2017 lalu, nama Andre belum masuk di dalam skuat. Andre baru bergabung di musim 2018 dan membela tim 3’s Company. Musim ini, Andre tampil memukau dengan menjadi top skor kedua liga di bawah Joe Johnson dengan 134 poin. Ia juga beberapa kali dinobatkan sebagai pemain mingguan terbaik.

Tak hanya sebagai pemain basket, Andre juga dikenal sebagai seorang yang gemar melakukan kegiatan sosial. Salah satu kegiatan sosial terbesarnya adalah membentuk yayasan D.R.E Foundation. Selain merujuk pada panggilan akrabnya, D.R.E merupakan singkatan dari Dreams Really Exist. Yayasan ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah yang kurang mampu agar memiliki masa depan yang lebih baik. Bantuan yang diberikan pun tak hanya secara materi, dilansir situs resmi yayasan, mereka juga memberikan pembekalan berupa keterampilan diri.

Selamat jalan Andre Emmett. (DRMK)

Foto: BIG3

 

Komentar