IBL

Kuota babak utama Piala Dunia FIBA 2019 sudah terpenuhi. Masing-masing zona sudah mengirim perwakilannya. Drawing babak utama akan berlangsung di Shenzhen, Cina, 16 Maret 2019. Sedangkan babak utama akan dimulai 31 Agustus hingga 5 September 2019 mendatang.

Proses kualifikasi Piala Dunia 2019 cukup panjang. Dimulai sejak pertengahan 2017 hingga awal tahun 2019. Mula-mula, semua negara menjalani Pra-Kualifikasi di masing-masing zona yang berlangsung pada Agustus 2017 lalu. Kemudian, proses tersebut berlanjut ke babak kualifikasi yang dibagi menjadi enam fase atau yang disebut dengan jendela. Fase tersebut dimulai sejak November 2017 hingga Februari 2019. Dari situ, negara-negara tersebut berjuang mendapatkan tiket yang sudah ditentukan jumlahnya oleh FIBA.

Berikut 32 negara yang lolos ke babak utama Piala Dunia 2019:

Format kejuaraan untuk babak utama terdiri dari tiga tahap. Pada tahap pertama, 32 tim yang lolos kualifikasi akan dikelompokkan menjadi delapan grup. Masing-masing tim saling bertemu atau round-robin. Dua tim yang berhasil menduduki peringkat teratas akan melaju ke tahap kedua.

Pada tahap kedua, semua tim yang lolos dari tahap pertama dikelompokkan menjadi empat grup. Sistemnya sama seperti tahap pertama yaitu round robin. Dua tim teratas akan masuk babak sistem gugur atau perempat final.

Berikut sistem yang akan digunakan untuk babak utama Piala Dunia FIBA 2019:

Dengan format ini, maka jumlah pertandingan di babak utama Piala Dunia FIBA 2019 sebanyak 92 pertandingan. Sementara itu, drawing babak utama akan berlangsung di Shenzhen Cultural Center di Shenzhen, Cina, pada 16 Maret 2019 mendatang.

Delapan arena sudah disiapkan untuk menggelar kejuaraan basket antarnegara tersebut, yaitu Cadilac Arena (Beijing), Merceder-Benz Arena (Shanghai), Nanjing Youth Olimpic Sports Park Gymnasium (Nanjing), Wuhan Gymnasium (Wuhan), Doufeng Nissan Cultural and Sports Centre (Dongguan), Guangzhou International Sports Arena (Guangzhou), Foshan International Sports and Cultural Center (Foshan), dan Shenzhen Universiade Sports Centre (Shenzhen).

Piala Dunia FIBA 2019 akan menjadi gelaran ke-18, turnamen basket putra antarnegara sedunia. Turnamen yang akan digelar di Cina nanti, menandai era baru kompetisi ini. Sebab, seharusnya Piala Dunia FIBA untuk putra digelar tahun 2018, namun dijadwalkan ulang pada tahun 2019. Ini dimaksudkan agar tidak bersamaan dengan tahun penyelenggaraan Piala Dunia FIFA (sepak bola). Selain itu, dari 24 tim yang masuk babak utama, diubah menjadi 32 tim. Selain itu, dua tim teratas dari masing-masing zona kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 secara otomatis masuk sebagai peserta Olimpiade Tokyo 2020. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar