IBL

Senegal menjadi negara keempat dari Zona Afrika yang berhasil lolos ke babak utama Piala Dunia 2019 Cina. Mereka mendapatkan kemenangan kedelapan setelah menundukkan Rwanda, 81-41, di Abidjan, Jumat, 22 Februari 2019. Kini tingga satu tiket jatah untuk Zona Afrika yang masih tersisa.

Zona Afrika memang berat. Sebab dari semua wilayah Afrika, FIBA hanya memberi jatah lima tiket babak utama Piala Dunia 2019 di Cina, bulan Agustus mendatang. Di kualifikasi fase kelima, tiga negara sudah memastikan lolos, yaitu Tunisia, Angola, dan Nigeria. Kemudian di fase keenam, akhirnya Senegal menyusul tiga negara tersebut.

Senegal bisa mengumpulkan delapan kemenangan dari 10 laga babak kualifikasi. Mereka sebenarnya masih punya dua laga tersisa. Namun, Senegal sudah berhasil mendapatkan tiket ke Cina setelah mengalahkan Rwanda. Youssoupha Ndoye menjadi pemain bintang di laga ini. Ia mencetak 18 poin, 9 rebound, dan 3 steal. Dieudonne Ndizeye muncul dari bangku cadangan dengan sumbangan 7 poin.

Senegal bergabung dengan FIBA pada tahun 1962. Namun mereka mulai ikut Piala Dunia FIBA pada tahun 1978. Senegal kemudian mengikuti Piala Dunia FIBA untuk edisi 1998, 2006, dan 2014. Artinya, lolosnya Senegal ke Cina, akan menjadi penampilan kelima bagi "Lions of Teranga." (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar