IBL

Italia menundukkan Hungaria dengan skor 75-41, di Arena Enerxenia, Jumat, 22 Februari 2019. Kemenangan tersebut membuat Azzuri -julukan Italia- kembali tampil di babak utama Piala Dunia FIBA 2019 setelah 13 tahun. Di kualifikasi Zona Eropa, Italia mengumpulkan delapan kemenangan dari 11 laga.

Italia tercatat sembilan kali tampil di Piala Dunia FIBA. Prestasi tertinggi di Piala Dunia FIBA tercipta di tahun 1970 dan 1978. Italia berhasil finis di peringkat keempat. Malangnya, setelah tahun Piala Dunia FIBA 2006 di Jepang, Italia gagal lolos di dua edisi berikutnya (2010 dan 2014). Itu menjadi masa-sama yang berat bagi tim nasional Italia. Khususnya saat tim dipegang oleh Kepala Pelatih Simone Pianigiani (2009-2015).

Italia akhirnya kembali mengumpulkan prestasi gemilang di masa kepemimpinan pelatih Romeo Sacchetti sejak 2017 hingga sekarang. Ia mulai membangun tim untuk Piala Dunia FIBA sejak 2017 dengan mengikuti Eurobasket di Turki. Saat itu, pasukan muda Italia bisa finis di peringkat ketujuh dengan empat kemenangan dari tujuh laga. Komposisi ini terus dipertahankan hingga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 dimulai.

Hasilnya, Italia benar-benar mewujudkan mimpi kembali tampil di Piala Dunia FIBA. Mereka menang delapan kali dari 11 laga kualifikasi. Italia berada di Grup J bersama Lithuania dan Polandia yang sudah lolos sebelumnya.

"Ini hasil yang bersejarah bagi negara kami. Kami bangga dengan ini. Kami memiliki banyak pemain yang datang dan pergi. Pelatih harus berpikir keras untuk menemukan tim yang solid. Bagi saya, yang istimewa adalah bahwa setiap orang yang dipanggil untuk bermain di tim nasional, merasa mereka menjadi bagian penting dari tim tersebut," kata garda Italia, Amedeo Della Valle.

Italia tampil luar biasa ketika membekuk Hungaria, 75-41. Mereka membuat Hungaria hanya mencetak 15 poin di babak pertama. 11 dari 12 pemain dalam roster Italia mencetak poin. Amedeo Della Valle menjadi pemimpin dengan 15 poin, lalu Pierto Aradori menambahkan 11 poin.

"Kemenangan ini adalah hasil kerja keras pemain saya. Mereka sangat tangguh di babak pertama. Hungaria hanya bisa mencetak 15 poin. Langkah awal yang luar biasa untuk tim kami," kata Kepala Pelatih Romeo Sacchetti.

Saat ini dari Zona Eropa sudah ada sembilan tim yang lolos ke babak utama Piala Dunia 2019 di Cina. Mereka adalah Yunani, Jerman, Perancis, Republik Ceko, Lithuania, Spanyol, Turki, Italia, dan Polandia. Masih tersisa tiga tiket lagi untuk Zona Eropa. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar