IBL

Polandia lolos ke babak utama Piala Dunia FIBA 2019 di Cina. Prestasi tersebut sekaligus mengakhiri penantian selama 52 tahun. Polandia memastikan lolos setelah mengalahkan Kroasia, 77-69, di fase terakhir kualifikasi Zona Eropa, Jumat, 22 Februari 2019.

Polandia punya sejarah manis di Piala Dunia FIBA 1967 Argentina. Saat itu, mereka bisa finis di urutan kelima. Kemudian, Polandia tidak lolos kualifikasi pada Piala Dunia FIBA 1986 di Spanyol. Sejak saat itu, prestasi Polandia terus menurun. Hingga akhirnya, mereka bisa kembali tampil di babak utama Piala Dunia FIBA 2019.

Mengalahkan Kroasia di Arena Varzadin, menjadi bukti kekuatan basket Polandia. Pertahanan Polandia bisa membuat Kroasia hanya mencetak 31 persen akurasi tembakan. Di dua menit terakhir kuarter keempat, Polandia unggul 71-69. Hingga pertandingan berakhir, mereka membuat Kroasia tidak bisa menambah poin. Mateusz Ponitka mencetak 20 poin, 8 rebound, dan 2 blok. Sedangkan A.J. Slaugther menambahkan 15 poin. Polandia mampu mengumpulkan tujuh kemenangan dalam 11 laga kualifikasi.

"Saya hanya ingin mengatakan betapa bangganya saya dengan tim ini. Semua pemain, pelatih, dan orang-orang yang ada di belakang tim ini bersatu. Usaha keras dan keteguhan hari kami tunjukkan di permainan," kata kepala pelatih Polandia, Mike Taylor.

Saat ini dari Zona Eropa sudah ada sembilan tim yang lolos ke babak utama Piala Dunia 2019 di Cina. Mereka adalah Yunani, Jerman, Perancis, Republik Ceko, Lithuania, Spanyol, Turki, Italia, dan Polandia. Masih tersisa tiga tiket lagi untuk Zona Eropa. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar