IBL

Brazil masuk ke babak utama Piala Dunia FIBA 2019 di Cina, yang akan digelar 31 Agustus hingga 15 September 2019 mendatang. Brazil menyusul Argentina, Amerika Serikat, Venezuela, dan Kanada. Kini tersisa dua tiket dari jatah tujuh tiket babak utama untuk FIBA Americas.

Mulai tanggal 18 hingga 26 Februari nanti, kualifikasi fase terakhir atau jendela keenam kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 berlangsung. Beberapa negara akan bertanding untuk memastikan satu tempat di babak utama. Untuk melihat tiket yang tersisa, mari melihat tabel di bawah ini:

Brazil menjadi negara kelima dari Zona Amerika yang memastikan diri lolos sebelum fase keenam berakhir. Kepastian tersebut didapatkan setelah Anderson Varejao dan kawan-kawan menang 104-80 atas Virgin Islands, di UVI Sports dan Fitness Center, St. Thomas, 21 Februari 2019.

Pada pertandingan ini, Marquinhos Souza menjadi pendulang angka terbanyak dengan kontribusi 22 poin dan 9 rebound. Vitor Benite mengikutinya dengan 20 poin, Leandrinho Barbosa menambahkan 19 poin, dan Didi Louzada 15 poin. Selama babak kualifikasi, Brazil mengumpulkan delapan kemenangan dari 11 laga.

Brazil adalah negara yang punya tradisi basket kuat, khususnya di Piala Dunia FIBA. Mereka pernah mendapatkan dua medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Brazil menduduki peringkat keempat untuk jumlah medali Piala Dunia FIBA, di bawah Amerika Serikat, Yugoslavia dan Uni Soviet.

Lolosnya Brazil membuat kualifikasi FIBA Americas memanas. Sebab, kini hanya tinggal dua tiket babak utama yang tersisa. Dua tiket tersebut diperebutkan oleh Urugay, Poerto Rico, Panama, Meksiko, Repulik Dominika, Chile, dan Virgin Islands.

Secara global, saat ini sudah ada 19 tim yang lolos ke babak utama. Jatahnya, di babak utama akan ada 32 tim yang tampil. Jadi masih ada 13 tiket yang tersisa di empat zona kualifikasi Piala Dunia FIBA. Mereka akan berebut tiket hingga akhir bulan Februari 2019 mendatang. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar