IBL

Piala Walikota Surabaya 2019 sekaligus Surabaya South East Asian Championship akan dimulai hari ini, 19 Februari 2019. Piala Walikota akan diramaikan beberapa mantan pemain profesional Indonesia. Sementara di kategori putri, ada nama-nama pemain timnas masing-masing negara.

Piala Walikota menjadi agenda wajib yang harus digelar oleh Pengkot Perbasi Surabaya. Dalam satu tahun, Perbasi Surabaya diharuskan menggelar dua kejuaraan yaitu Piala Walikota dan Piala KONI. Perbedaan dari ajang ini adalah pesertanya. Piala Walikota dibuka untuk umum, bahkan internasional. Sedangkan untuk Piala KONI bersifat pembinaan. Pesertanya khusus dari Surabaya saja. Sementara itu, agar lebih semarak, tahun ini digelar pula Surabaya South East Asian Championship, yang merupakan kejuaraan antar-klub putri Asia Tenggara.

Untuk kategori putra atau Piala Walikota, pesertanya ada lima tim yaitu Mahameru, Familia, BBJ, Go Skate, dan West Bandits Jakarta. Piala Walikota tahun ini berbeda, karena pesertanya hanya tim yang mampu menembus empat besar Kompetisi Internal Surabaya (KIS), serta satu tim undangan dari Jakarta. Persaingan bakal sengit, sebab banyak nama-nama familiar di basket Indonesia yang mengisi roster masing-masing tim.

Di tim West Bandits Jakarta, ada Christian Ronaldo Sitepu, Christmas Bonanza Siregar, Wijaya Saputra, Stefan Carsera, Tony Agus, Bima Risky Ardiansyah, serta dua pemain asing Martavious Tarell Irving dan Howard JR. Sementara di tim Familia ada Rivaldo Tandra Pangesthio, Yo Sua, Nuke Tri Saputra, Ronny Gunawan, serta Jarron Crump.

Tim Mahameru Surabaya yang menjadi juara KIS tahun ini diperkuat oleh Dwi Haryoko, Omar Olalabi, dan Buenefa Jason Salva. Menurut aturan, semua tim boleh memakai jasa pemain asing masing-masing dua orang pemain.

Untuk kategori putri, Surabaya Fever sebagai tuan rumah akan bertanding melawan Adroit Singapura, NS Matrix Malaysia, dan Shoot it Dragon Thailand.

Fever menurunkan pemain-pemain andalannya seperti Gabriel Sophia, Henny Sutjiono, Annisa Widyarni, Wulan Ayuningrum, Clarita Antonio, dan Sumiati. Ada pula pemain yang baru yaitu Yusranie Palma.

Di tim Shoot it Dragon ada Warithon Summat yang pernah membela timnas Thailand di FIBA Asia U18 tahun 2016 lalu. Sedangkan Adroit Singapura diperkuat oleh Jacqueline Chu Jia Jia, pemain timnas Singapura di SEABA Women's 2016. Sementara di tim Malaysia ada pemain veteran Choo Sook Ping. Ia adalah pemain timnas putri Malaysia di FIBA Asia Women's Championship 2015. (tor)

Berikut jadwal pertandingan Piala Walikota Surabaya 2019 dan Surabaya South East Asian Championship 2019:

 

Foto: Dite Surendra

Komentar